Brilio.net - Pisang adalah buah yang sangat umum dan banyak ditemui di mana saja, termasuk di Indonesia. Karena pisang jadi salah satu buah yang banyak dibudidayakan di zona tropis dan subtropis. Buah ini punya beragam variasi dalam warna dan ukuran. Meskipun berbeda, namun rasa dari buah pisang ini hampir sama. Kalau belum matang akan terasa sepat, sedangkan kalau sudah ranum akan terasa sangat manis.

Pisang bisa dimakan secara langsung, atau bisa juga kamu olah jadi menu hidangan lezat lainnya. Bisa digoreng dijadikan keripik pisang, atau jadi campuran kolak, misalnya. Menariknya lagi dari buah yang satu ini ialah tak hanya lezat, tapi juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Adapun beberapa manfaat kesehatan dari pisang, seperti dilansir dari stylecraze.com, satu pisang mengandung sekitar 467 mg potasium. Kalium yang sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan melindungi jantung. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang mencegah anemia dan penyakit jantung koroner. Sedangkan serat dalam pisang bisa menjaga kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

Berbicara mengenai buah pisang memang nggak ada habisnya. Karena buah yang terlihat sederhana ini ternyata punya manfaat besar juga untuk kecantikan. Namun bukan untuk dimakan seperti biasanya, akan tetapi cara pakainya dengan cara dijadikan masker.

Berikut beberapa manfaat pisang untuk kecantikan dan cara pakainya seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (11/12).

1. Pelembap kulit.

10 Manfaat pisang untuk kecantikan, mencegah jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Pisang mengandung kalium dan moisture (pelembab). Dua kandungan itu mampu melembapkan kulit kering, menjadikannya lebih lembut dan kenyal. Jika kulitmu mengelupas dan kering, cukup oleskan pisang sebagai masker wajah.

Caranya mudah, masukkan pisang yang sudah matang ke mangkuk kecil, tumbuk pisang menggunakan bagian belakang garpu. Setelah lembut, oleskan ke wajah. Hindari area di sekitar mata dan mulut. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin sampai bersih.

2. Mengontrol minyak.

10 Manfaat pisang untuk kecantikan, mencegah jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Pisang adalah exfoliator hebat yang dapat membantu mengelupas kelebihan sebum pada permukaan kulit. Karena pisang juga mengandung pelembap alami, potasium, dan vitamin E dan C. Semua kandungan tersebut mampu membantu kulit tampak bercahaya dan jernih. Jika kamu punya kulit berminyak, gunakan masker wajah sederhana dari perpaduan pisang, jus lemon, dan madu.

Caranya masukkan pisang matang ke mangkuk, hancurkan dengan bagian belakang garpu. Tuang satu sendok makan madu mentah dan 1/2 sendok teh jus lemon. Aplikasikan pada wajah yang berminyak, tunggu hingga 10 menit. Kemudian bilas wajah dengan kain basah atau air dingin.

3. Mencegah penuaan.

10 Manfaat pisang untuk kecantikan, mencegah jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Pisang juga dikenal sebagai botox alami, mengandung nutrisi yang memerangi keriput. Membantu memudarkan bintik-bintik penuaan dan mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tambahkan dengan bahan-bahan dapur penghilang kerut lainnya, seperti jeruk dan yogurt misalnya.

Campurkan pisang matang yang sudah ditumbuk halus dengan satu sendok teh jus jeruk dan satu sendok yogurt kental. Aduk rata, lalu jadikan campuran tersebut sebagai masker wajah alami. Lakukan cara ini serutin mungkin, kamu akan dapat nutrisi, penuaan mengelupas, kulit lembut, dan perlindungan kulit alami.

4. Mengobati jerawat.

10 Manfaat pisang untuk kecantikan, mencegah jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Pisang dan kulitnya adalah obat buatan rumahan yang sangat baik untuk mengobati jerawat. Kamu dapat langsung mengoleskan kulit pisang ke dalam jerawat untuk mengurangi peradangan dan menghancurkan bakteri. Juga, kamu bisa gunakan masker wajah dengan campuran pisang tumbuk, madu, dan kunyit untuk mencerahkan kulit, mengurangi jerawat, dan melembapkan kulit. Setelah selasai, cuci wajah dengan air dingin dan keringkan. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu konsisten melakukan perawatan ini.

5. Mengurangi bintik-bintik di wajah.

10 Manfaat pisang untuk kecantikan, mencegah jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Baik itu bekas jerawat, tahi lalat kecil, bintik-bintik penuaan, atau hanya bintik-bintik hitam yang membuat wajah kusam. Kamu dapat menguranginya dan bahkan menghilangkan warna hitam kulit dengan pisang.

Caranya oleskan pisang tumbuk ke wajah. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Pemutih gigi.

10 Manfaat pisang untuk kecantikan, mencegah jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Potasium, mangan, dan magnesium dalam kulit pisang matang mampu memutihkan gigi secara alami. Caranya mudah, kamu hanya perlu menggosok bagian dalam kulit pisang pada gigi selama beberapa menit. Diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu sikat gigimu seperti biasa. Magnesium dalam pisang dipercaya juga bisa menjaga kesehatan gigi.

7. Merawat atau melembutkan kaki.

10 Manfaat pisang untuk kecantikan, mencegah jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Pisang juga dapat digunakan sebagai perawatan kaki alami, terutama menghilangkan pecah-pecah pada tumit. Kandungan dalam pisang akan menembus jauh ke dalam kulit kering, pecah-pecah dan akan membuat kakimu jadi lebih lembut dan lentur.

Caranya dua pisang matang sampai halus seperti bubur. Oleskan untuk membersihkan kaki kering. Diamkan selama 10 menit dan bilas kaki dengan air dingin.

8. Mengobati mata bengkak.

10 Manfaat pisang untuk kecantikan, mencegah jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Nutrisi dalam pisang dapat membantu menenangkan pembuluh darah di bawah mata dan mengurangi mata bengkak. Kalium dalam pisang mengeluarkan kelebihan cairan dari bawah kulit dan memberikan rasa lega (tenang).

Caranya tumbuk setengah pisang matang, oleskan secara lembut ke sekitar daerah yang terkena. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bersihkan dan bilas dengan air dingin. Selain menumbuk pisang, kamu juga bisa mengoleskan kulit pisangnya langsung.

9. Mengangkat sel kulit mati.

10 Manfaat pisang untuk kecantikan, mencegah jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Seluruh bagian kulit tubuh manusia punya sel kulit mati. Kamu bisa mengatasi masalah itu menggunakan scrub pisang. Pisang sendiri dipenuhi antioksidan, yang tidak hanya membantu menghilangkan sel kulit mati tetapi juga membuat kulitmu terasa baru lagi. Pisang akan melembapkan kulit kering sementara butiran gula akan menyingkirkan kulit mati.

Kamu bisa menyiapkan scrub sendiri di rumah. Caranya tumbuk pisang matang, campurkan dengan satu sendok gula, lalu aduk rata. Oleskan ke kulit dan gosok dengan gerakan memutar. Untuk scrub wajah ambil 1/2 pisang (matang), 1 sendok makan santan, dan 2 sendok makan nasi mentah. Campurkan semua sampai kental seperti pasta. Aplikasikan pada wajah sembari pijat dengan lembut. Kemudian basuh dengan air dingin.

Sedangkan untuk membuat scrub seluruh tubuh, tumbuk 2 pisang dengan campuran 4-5 stroberi. Haluskan hingga benar-benar lembut. Lalu campurkan 3 sendok makan gula, aduk rata. Gunakan campuran tersebut sebagai lulur saat mandi.

10. Meningkatkan kesehatan dan keindahan rambut.

10 Manfaat pisang untuk kecantikan, mencegah jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Pisang mengandung asam folat yang membuat rambut bersinar. Pisang juga mampu menjaga kelembaban rambut dan terhidrasi dengan baik. Kalium dan minyak alami dalam buah ini juga meningkatkan kesehatan rambut. Namun sebelumnya perlu kamu perhatikan cara pemakaian pisang untuk rambut. Pertama, pastikan pisang dalam bentuk bubur dan tidak ada potongan. Kedua, jangan biarkan masker rambut ini mengering sepenuhnya di rambut. Masker rambut harus tetap basah saat kamu mencuci rambut, supaya kamu dapat dengan mudah menyingkirkan seluruh pisang yang menempel.

Kamu mungkin merasa rambut sedikit kaku ketika mengering. Tapi begitu selesai perawatan, kamu akan dapat melihat hasil yang maksimal. Ada beberapa paket rambut pisang yang membantu rambutmu supaya sehat dan indah.

- Untuk rambut rusak yang ingin membuatnya jadi lembut, campurkan pisang matang dengan alpukat dan tambahkan santan. Oleskan ke rambut, tunggu 15 hingga 20 menit. Selain alpukat, bisa juga gunakan bubuk kakao. Adanya kakao mampu mengeluarkan warna alami rambut.

- Untuk mendapatkan rambut berkilau. Tumbuk pisang matang, tambahkan 1/4 cangkir minyak zaitun dan satu putih telur. Blender selama beberapa menit. Oleskan campuran ke rambut dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu cuci rambut dengan sampo dan kondisioner favorit.

- Untuk mendapatkan rambut kuat. Campur bubur pisang matang dengan yogurt.
Oleskan ke kulit kepala, tunggu selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

- Untuk perawatan rambut kering. Campurkan 3 sendok teh madu dengan bubur pisang yang sudah matang. Oleskan, jadikan masker rambut saat masih basah. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan sampo dan kondisioner rambut seperti biasa.

Related News