Brilio.net - Memiliki rambut indah dan sehat adalah idaman banyak orang. Oleh sebab itu, tak sedikit orang, terutama kaum wanita memakai segala macam cara untuk membuat rambut indah dan sehat.

Tak sedikit wanita yang terkadang hingga tidak peduli akan kesehatan rambut itu sendiri. Mulai dari mencatok, mewarnai, menyambung rambut, dan cara lainnya. Faktanya, lambat laun rambut akan kehilangan sifat alaminya. Hingga pada akhirnya rambut akan mulai rusak.

Untuk mengembalikan rambut jadi sehat lagi, kamu bisa memakai bahan alami tanpa risiko berlebih. Salah satu bahan alami yang kaya nutrisi dan baik untuk rambut tak lain adalah minyak kelapa. Dilansir dari healthline, minyak kelapa lebih baik dalam melindungi rambut dibanding minyak lain.

Minyak kelapa mengandung senyawa phenolic, antioksidan, asam laurat, kaprilat, dan kaprat yang punya fungsinya masing-masing untuk tubuh, termasuk bagi rambut. Minyak kelapa mahir digunakan pada rambut untuk mengurangi kehilangan protein setelah perawatan. Juga, dapat membuat rambut tetap terlihat sehat.

Loading...

Nah, apa saja manfaat minyak kelapa untuk rambut dan bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasan lengkapnya, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (23/9).


1. Mencegah kerusakan rambut.

minyak kelapa untuk rambut freepik

foto: freepik.com

Rambut sangat rentan rusak saat basah. Hal ini karena perubahan struktural halus yang terjadi saat menyerap air. Saat kamu membasahi rambut, korteks pusat yang tebal menyerap air dan membengkak, menyebabkan perubahan struktural pada kutikula. Terlebih lagi saat kamu menyisirnya saat basah, rambut lebih rentan rusak.

Mengoleskan minyak kelapa sebelum keramas, dapat mengurangi jumlah air yang diserap oleh batang rambut. Rambut pun tidak akan mudah rusak saat basah. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa pada rambut sebelum atau setelah mencuci.


2. Melembutkan rambut.

minyak kelapa untuk rambut freepik

foto: freepik.com

Melapisi rambut dengan minyak setelah keramas membantu membuatnya lebih lembut dan halus. Ini mengurangi jumlah gesekan yang disebabkan oleh gaya, yang biasanya membuat rambut cenderung mudah tersangkut dan patah.

Apalagi saat rambut basah setelah keramas. Selain menjaga rambut dari kerusakan, mengoleskan minyak ke rambut sebelum dan sesudah keramas dipercaya membantu membuat rambut lebih lembut.


3. Menumbuhkan rambut lebih cepat.

minyak kelapa untuk rambut freepik

foto: freepik.com

Banyak orang ingin memiliki rambut panjang dan halus. Namun kerusakan rambut yang disebabkan oleh gaya, perawatan, cuaca dan polusi dapat merusaknya. Semua faktor itu dapat mempersulit pertumbuhan rambut yang lebih panjang dan sehat.

Nah, kamu bisa membuat rambut lebih cepat tumbuh panjang dan sehat dengan memanfaatkan minyak kelapa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan rambut dengan minyak kelapa secara rutin.


4. Mencegah kutu rambut.

minyak kelapa untuk rambut freepik

foto: freepik.com

Mencampur adas manis dengan minyak kelapa, dipercaya lebih efektif dalam mengobati kutu rambut
daripada menggunakan bahan kimia. Caranya, buat campuran adas manis dan 40 persen minyak kelapa, masukkan ke semprotan bersih. Semprotkan pada rambut setiap hari secara rutin.

Cara lainnya, oleskan minyak kelapa ke seluruh kulit kepala dan rambut dari akar ke ujung. Kemudian, lanjutkan dengan bilasan pakai cuka sari apel.


5. Menghilangkan ketombe.

minyak kelapa untuk rambut freepik

foto: freepik.com

Sifat antimikroba pada minyak kelapa bisa berguna untuk mengobati ketombe secara berlebih. Mengoleskan minyak kelapa pada rambut dapat memulihkan kesehatan kulit kepala dan mengurangi pengelupasan. Caranya, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala. Diamkan selama sekitar lima menit. Kemudian keramas seperti biasanya. Aplikasikan cara ini hingga kamu mulai melihat ketombe mulai menurun.


6. Mencegah kerusakan rambut akibat cat warna.

minyak kelapa untuk rambut freepik

foto: freepik.com

Sering gonta-ganti warna, membuat rambut cepat rusak. Supaya rambut bisa kembali sehat, pakai minyak kelapa untuk melindungi warna alami pada rambut yang sudah diwarnai. Caranya, oleskan sedikit minyak kelapa pada rambut sebelum proses pewarnaan (highlight utama).


7. Mengontrol rambut bercabang.

minyak kelapa untuk rambut freepik

foto: freepik.com

Minyak kelapa dapat membantu menghaluskan kutikula di ujung rambut yang bercabang, sehingga rambut tidak terlihat kusut di ujungnya. Minyak ini juga membantu menjinakkan kusut karena ujung bercabang atau cuaca lembab.

Hebatnya lagi, manfaat ini tidak hanya dirasakan pada ujung rambut saja, melainkan seluruh bagian kepala. Kamu akan terbebas dari rambut kering dan ujung bercabang.

Caranya, gosokkan secara rutin minyak kelapa pada seluruh kepala khususnya bagian ujung. Diamkan selama kurang lebih setengah jam. Kemudian bilas dengan air bersih.


8. Membuat rambut lebih berkilau.

minyak kelapa untuk rambut freepik

foto: freepik.com

Minyak kelapa dapat membuat rambut berkilau lebih lama secara alami. Caranya, oleskan minyak kelapa pada rambut. Pijat secara ringan memakai tangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, aplikasikan cara ini secara rutin ke seluruh bagian rambut.


9. Menyelamatkan rambut dari kerusakan akibat sinar matahari.

minyak kelapa untuk rambut freepik

foto: freepik.com

Minyak kelapa mengandung nutrisi perlindungan matahari. SPF alami yang terkandung dalam minyak kelapa akan melindungi rambut dan kulit dari sinar matahari yang berbahaya. Perlindungan matahari, filter UV dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari.

Panasnya sinar matahari dapat merusak rambut dengan mudah, termasuk lepek, kering, ketombe, dan lainnya. Caranya, pakai minyak kelapa sebagai kondisioner, masker rambut, atau perawatan kulit kepala secara alami.


10. Menjaga kandungan minyak alami pada rambut.

minyak kelapa untuk rambut freepik

foto: freepik.com

Bukan rahasia lagi bahwa bahan-bahan keras yang ditemukan di banyak sampo dapat menghilangkan minyak alami dan baik untuk rambut. Minyak kelapa adalah perawatan pra-sampo yang baik untuk mencegah shampo menghilangkan semua minyak alami dari rambut. Caranya, oleskan minyak kelapa pada rambut, pijat rambut dari akar ke ujung sebelum keramas.

Related News