Brilio.net - Kunyit atau kunir sering kita jumpai di dapur sebagai bumbu masakan. Warnanya yang kuning mampu dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami. Selain itu rempah asli Asia Tenggara ini juga sering ditemui dalam ramuan jamu.Tak heran jika kunyit memiliki beragam manfaat. Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat. Senyawa tersebut dikenal dengan kurkuminoid. Senyawa tersebut terdiri atas kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10 persen, dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5 persen. Selain itu, kunyit juga mengandung minyak atsiri.Nggak cuma sebagai bahan pewarna alami pada makanan, kunyit bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit atau kecantikan. Kunyit bisa digunakan untuk bahan perawatan wajah. Permasalahan wajah yang kerap muncul bisa diatasi dengan kunyit seperti jerawat, noda hitam, hingga komedo.Nah sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi mengatasi permasalahan wajah. Kunyit bisa dijadikan solusi yang mudah dan juga ampuh untuk permasalahan wajah. Seperti apa sih manfaat kunyit untuk wajah dan cara menggunakannya? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/11).

Loading...
1. Mengobati jerawat.

manfaat kunyit untuk wajah © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Jerawat adalah salah satu permasalahan wajah yang sering dikeluhkan kebanyakan orang. Jerawat bisa tumbuh karena kurangnya menjaga kebersihan wajah, penggunaan produk yang salah, dan pola makan yang tidak teratur.

Punya jerawat membandel, kunyit bisa jadi solusinya. Caranya cukup mudah, campurkan sedikit bubuk kunyit dengan air dan gunakan di area wajah yang bermasalah (spot treatment). Gunakan sebelum tidur dan bilaslah pada keesokan harinya.

2. Menyamarkan bekas jerawat.

manfaat kunyit untuk wajah © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Kunyit dikenal sebagai solusi bagi permasalahan wajah, salah satunya jerawat. Tak cuma mujarab untuk jerawat, bekas jerawat pun dapat teratasi jika rutin menggunakan kunyit. Caranya gunakan kunyit sebagai masker harian.

3. Mengurangi kerutan di wajah.

manfaat kunyit untuk wajah © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Garis-garis halus di area wajah mulai terlihat? No worries! Karena kandungan aktif yang terdapat pada kunyit diyakini bisa memperbaiki tekstur kulit secara menyeluruh, termasuk mengurangi munculnya kerutan. Nggak cuma itu, kunyit juga dipercaya efektif meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit akan tetap kencang.

4. Mencerahkan kulit.

manfaat kunyit untuk wajah © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Aktivitas di luar ruangan sering kali membuat kamu terpapar sinar matahari. Belum lagi polusi yang semakin tinggi, nggak heran kalau setiap pulang kerja muka jadi kusam. Nah solusinya, gunakan masker kunyit secara rutin. Kandungan antioksidan dalam kunyit mampu membantu melawan radikal bebas sebagai salah satu penyebab kulit kusam.