Brilio.net - Membahas mengenai manfaat es batu untuk wajah, tentu banyak sekali. Es batu biasanya digunakan sebagai pelengkap minuman agar terasa lebih menyegarkan. Biasanya es batu dicampur minuman manis dan dinikmati saat siang hari di cuaca panas. Minuman terasa lezat dan dapat melepas dahaga.

Ternyata es batu tak hanya sebagai pelengkap minuman saja. Es batu juga memiliki manfaat yang bagus untuk kulit wajah. Sebab, tak sedikit orang yang mengalami permasalahan di area wajah, seperti jerawat, flek hitam, kulit kering, dan masih banyak lagi. Semua permasalahan kulit itu bisa diatasi dengan es batu.

Dilansir dari Healthshots.com menggosok wajah rutin setiap hari ternyata bisa meredakan stres dan meningkatkan sirkulasi darah ke wajah. Selain itu, mengaplikasikan es batu ke wajah juga sebagai terapi cryotherapy atau prosedur media untuk menangani berbagai jenis tumor.

Pendiri dan Direktur Klinik Perawatan Kulit ISAAC Luxe, dr Dr Geetika Mittal Gupta mengatakan, mengaplikasikan es batu ke wajah sangat bagus untuk kecantikan.

Loading...

“Ada beberapa manfaat mengoleskan es batu di wajah dan masing-masing manfaat ini bisa membantu menyembuhkan berbagai masalah kulit,” kata Geetika.

Lantas apa saja yah manfaat es batu untuk wajah? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari Healthline.com dan Healthshots.com, Senin (10/1).

1. Sebagai antibakteri

Manfaat es batu untuk wajah ©

foto: Freepik.com/valuavitaly

Munculnya jerawatan dan masalah di wajah bisa juga disebabkan oleh bakteri yang menempel di wajah. Kamu bisa mengatasinya dengan es batu yang dianggap sebagai facial alami untuk anti bakteri

Caranya kamu bisa membuat es batu yang terbuat dari air green tea atau teh hijau. Oleskan ke area wajah setiap malam. Cara ini bisa menggabungkan manfaat es batu dan teh hijau.

Bahkan menurut penelitian British Journal of Pharmacology Trusted Source tahun 2013, kandungan katekin pada teh hijau memiliki sifat anti virus dan anti bakteri. Sehingga kulit menjadi lebih sehat.

2. Mengurangi mata bengkak

Manfaat es batu untuk wajah ©

foto: Freepik.com/valuavitaly

Munculnya mata bengkak disebabkan karena banyak faktor, misalnya stres, kurang istirahat, hingga mata lelah karena terlalu lama menatap layar gadget.

Bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan itu, kamu bisa menggunakan es batu. Es batu memiliki kualitas untuk mengurangi mata bengkak secara cepat

Caranya oleskan ke area mata secara rutin pagi dan malam. Tapi untuk dapat hasil yang maksimal, kamu bisa membuat es batu dari kopi hitam. Dengan begitu hasilnya akan lebih terlihat.

3. Mengatasi mata panda

Manfaat es batu untuk wajah ©

foto: Freepik.com/valuavitaly

Hampir semua orang pasti pernah mengalami mata panda yang mengganggu penampilan. Mata panda bisa membuat kamu tampak lelah, lesu, dan wajah jadi lebih tua. Munculnya mata panda disebabkan karena beberapa faktor, seperti kurang tidur, mata lelah, paparan sinar matahari, faktor usia, dan masih banyak lagi.

Menggunakan es batu bisa mengatasi mata panda. Kamu bisa membuat ramuan rebusan air mawar yang dicampur dengan jus mentimun di dalamnya. Kemudian bakukan. Setelah jadi es oleskan ke area bawah mata secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Menyamarkan tanda-tanda penuaan

Manfaat es batu untuk wajah ©

foto: Freepik.com/valuavitaly

Tidak ada seorang pun yang ingin memiliki kulit keriput dan noda hitam sebagai tanda-tanda penuaan. Mereka pasti akan melakukan berbagai cara untuk mengencangkan wajah dan menghilangkan masalah penuaan.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan adalah dengan menggunakan es batu. Kamu bisa oleskan es batu ke seluruh area wajah. Lakukan perawatan itu setiap hari. Sebab es batu dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengencangkan pori-pori di kulit.

5. Sebagai eksfoliator alami

Manfaat es batu untuk wajah ©

foto: Freepik.com/valuavitaly

Manfaat es batu untuk wajah selanjutnya adalah sebagai eksfoliator alami. Caranya kamu bisa membuat susu yang dibuat menjadi es kemudian oleskan ke wajah rutin setiap malam. Kandungan asam laktat pada susu membantu membersihkan semua sel kulit mati, sementara sensasi dingin dari susu yang dibekukan itu dapat mencerahkan kulit secara alami.

6. Mengatasi jerawat

Manfaat es batu untuk wajah ©

foto: Freepik.com/valuavitaly

Permasalahan jerawat hingga saat ini masih masih sering dialami oleh banyak orang. Jerawat muncul akibat produksi minyak atau sebum yang berlebihan di wajah. Minyak yang berlebihan itu nggak bisa keluar karena tersumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat.

Penggunaan es batu untuk wajah berjerawat ini dapat meredakan kemerahan akibat peradangan jerawat. Kamu bisa mengompres jerawat rutin setiap malam agar peradangan itu bisa cepat kempes.

Es baru juga bisa mendorong kotoran baik ke permukaan hingga jerawat bisa berkurang secara perlahan. Namun perlu diketahui, es batu hanya digunakan untuk mengatasi jerawat yang masih tergolong ringan.

7. Mengecilkan pori-pori

Manfaat es batu untuk wajah ©

foto: Freepik.com/valuavitaly

Setiap orang pastinya memiliki pori-pori di wajah untuk mengeluarkan minyak dan keringat. Pori-pori sendiri ada yang besar dan ada yang kecil. Biasanya pori-pori yang besar memiliki dampak buruk pada kesehatan kulit.

Pori-pori besar dapat membuat kotoran di wajah mudah menumpuk sehingga menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu sebaiknya atasi masalah itu dengan mengecilkan pori-pori.

Caranya oleskan es batu ke seluruh permukaan wajah, terutama area yang memiliki pori-pori besar. Lakukan perawatan itu setiap malam untuk mengecilkan pori-pori.

8. Mengurangi minyak berlebih

Manfaat es batu untuk wajah ©

foto: Freepik.com/valuavitaly

Produksi minyak berlebih dapat menyebabkan jerawat. Kamu bisa mengatasi produksi minyak berlebih dengan es batu. Caranya cukup gosokan es batu ke area wajah, jika perawatan ini rutin dilakukan bisa mengurangi minyak berlebih di wajah.

9. Membantu penyerapan makeup dan skincare

Manfaat es batu untuk wajah ©

foto: Freepik.com/valuavitaly

Penggunaan makeup dan skincare sudah rutin dilakukan oleh hampir semua wanita. Menggunakan makeup untuk menunjang penampilan, sementara penggunaan skincare untuk mengatasi permasalahan kulit.

Tak banyak yang tahu, manfaat es batu untuk wajah ternyata bisa membuat makeup dan skincare menyerap dengan sempurna lho.

Caranya oleskan pelembap pagi dan malam kemudian gosokan es batu setelahnya. Diamkan. Kemudian gunakan skincare lainnya. Cara itu dipercaya ampuh untuk membuat makeup dan skincare menyerap sempurna.

Related News