10 Manfaat eksfoliasi wajah, bantu menghaluskan kulit

10 Manfaat eksfoliasi wajah, bantu menghaluskan kulit

Brilio.net - Ada banyak manfaat eksfoliasi untuk wajah. Eksfoliasi sendiri merupakan perawatan pengelupasan pada wajah. Fungsi dari eksfoliasi ini untuk mengangkat kotoran di wajah dengan menggunakan menggunakan bulir-bulir yang disebut scrub.

Bagi kebanyakan orang menganggap eksfoliasi ini sebagai kunci dalam rutinitas perawatan kulit secara menyeluruh. Biasanya, eksfoliasi itu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di wajah. Sebab bila dibiarkan wajah akan terasa lebih kusam dan tidak menarik untuk dipandang.

Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi ini untuk membuat kulit lebih cerah dan dapat meningkatkan efektivitas produk perawatan skincare dengan meningkatkan penyerapan.

Eksfoliasi bisa menggunakan beberapa metode, ada yang menggunakan terdapat dalam pembersih wajah ada juga yang terdapat dalam masker. Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi dengan bahan alami yang ada di rumah. Salah satunya menggunakan kopi. Kopi mengandung kafein yang bagus untuk kulit.

Caranya siapkan satu ampas kopi kemudian campurkan dengan minyak zaitun atau minyak zaitun, kemudian oleskan ke wajah secara merata. Lakukan perawatan itu secara rutin pada malam hari dalam selama dua kali seminggu.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan eksfoliasi tersebut, apa saja yah? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/2).

1. Merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Manfaat eksfoliasi untuk wajah

foto: Pexels/Ali Pazani

Manfaat sel kulit baru. Sebab saat melakukan eksfoliasi, sel kulit mati ini akan terangkat, sehingga sel kulit yang baru akan kembali tumbuh dan membuat kulit lebih sehat, cerah, dan lembap.

2. Meningkatkan sirkulasi kulit wajah.

Manfaat eksfoliasi untuk wajah

foto: Pexels/Sasha Kim

Eksfoliasi ini juga dapat membuat kulit lebih bersirkulasi dengan baik, sehingga wajah menjadi lebih sehat, cerah, dan terhindar dari wajah kusam. Selain itu juga dapat membuat aliran darah berjalan dengan baik karena saat eksfoliasi wajah dilakukan pemijatan yang juga dapat memberi efek relaksasi.

3. Membuat skincare lebih meresap.

Manfaat eksfoliasi untuk wajah

foto: Pexels/Gabb Tapique

Eksfoliasi kulit ini dapat membuat skincare lebih meresap dengan sempurna ke kulit wajah, sebab metode eksfoliasi ini untuk mengangkat kotoran di wajah yang menyumbat pori-pori. Ketika wajah bersih, penggunaan skincare semakin efektif.

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, disarankan untuk melakukan eksfoliasi sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu. Sementara untuk kulit normal dan kering cukup dua kali dalam seminggu.

4. Menyehatkan kulit.

Manfaat eksfoliasi untuk wajah

foto: pexels/Pixabay

Saat eksfoliasi biasanya menggunakan skincare yang mengandung bahan alami. Kandungan didalamnya juga dapat menutrisi kulit dan membuat wajah lebih sehat. Kamu bisa melakukan eksfoliasi saat malam hari secara rutin selama satu kali dalam seminggu.

5. Membuka pori-pori.

Manfaat eksfoliasi untuk wajah

foto: pexels/Shiny Diamond

Manfaat eksfoliasi wajah selanjutnya adalah dapat membuka pori-pori. Pori-pori yang terbuka dapat membantu mengangkat kotoran di wajah. Apalagi bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, hal ini bisa dilakukan untuk mengangkat minyak dan kotoran di wajah untuk menghindari munculnya jerawat di wajah. Sebaiknya, gunakan es batu setelah melakukan eksfoliasi untuk kembali menutup pori-pori.

6. Mencegah timbulnya jerawat.

Manfaat eksfoliasi untuk wajah

foto: pexels/Shiny Diamond

Munculnya jerawat disebabkan oleh banyak faktor, seperti hormon, kulit berminyak, tidak cocok menggunakan skincare, dan masih banyak lagi. Eksfoliasi wajah ini berperan penting untuk mengangkat kotoran di wajah secara menyeluruh mulai dari sel-sel kulit mati hingga debu dan kotoran. Ketika eksfoliasi, wajah menjadi lebih bersih dan kamu akan terhindar dari jerawat.

7. Meratakan warna kulit.

Manfaat eksfoliasi untuk wajah

foto: pexels/Shiny Diamond

Warna kulit yang tidak merata tentu sangat mengganggu penampilan. Hal itu biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari dan juga noda hitam bekas jerawat yang sangat mengganggu. Eksfoliasi bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit wajah yang baru sehingga lebih sehat, lembap, dan bercahaya.

8. Menyamarkan kerutan dan garis halus.

Manfaat eksfoliasi untuk wajah

foto: pexels/Anderson Guerra

Ketika usia bertambah, wajah akan mengalami penurunan elastisitasnya. Wajah pun akan mengalami kerutan dan garis halus. Kamu bisa mengatasinya dengan eksfoliasi. Eksfoliasi ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk sehingga mampu menyamarkan garis halus dan kerutan pada wajah.

9. Mencerahkan wajah.

Manfaat eksfoliasi untuk wajah

foto: pexels/sound on

Dilansir dari American Academy of Dermatology, manfaat eksfoliasi wajah selanjutnya adalah dapat mencerahkan wajah. Sebab sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit menyebabkan wajah terlihat lebih kusam dan warna kulit tidak merata. Dengan melakukan eksfoliasi secara teratur, hal tersebut dapat terangkat dan membantu mencerahkan serta meratakan warna kulit wajah kamu.

10. Meningkatkan produksi kolagen.

Manfaat eksfoliasi untuk wajah

foto: pexels/sound on

Manfaat terakhir dari eksfoliasi adalah membantu kulit meningkatkan produksi kolagen. Kolagen berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit yang membuat kulit tampak lebih kencang dan kenyal, sehingga kulit terlihat lebih sehat.

(brl/guf)

tags

Advertising
Advertising
STORIES