10 Manfaat buah naga untuk wajah, bantu cegah penuaan dini

10 Manfaat buah naga untuk wajah, bantu cegah penuaan dini

Brilio.net - Ada banyak manfaat buah naga untuk wajah. Buah naga atau dragon fruit merupakan buah tropis yang kaya akan vitamin, bahan aktif dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Kini juga dikembangkan di beberapa negara Asia, seperti Taiwan, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Bahkan beberapa masyarakat juga sudah membudidayakan buah naga sendiri di rumah karena cara penanaman dan perawatannya sangat mudah

Buah naga memiliki warna pink yang mencolok pada kulitnya. Untuk dagingnya sendiri ada dua jenis, yakni yang warna merah dan juga warna putih. Keduanya memiliki manfaat dan kandungan yang sama, hanya saja pembudidayaannya yang berbeda sehingga ada perbedaan pada warna dagingnya.

Buah naga bisa dimakan langsung, dijadikan sebagai jus, atau bisa juga dijadikan sebagai salad hingga keripik buah naga. Buah tersebut memiliki kandungan air yang cukup tinggi yang dapat menghidrasi tubuh. Selain itu buah naga memiliki kalori yang sangat rendah dan kaya akan lipid sehingga bagus untuk tubuh.

Buah naga salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bagus untuk mencegah kanker, diabetes, jantung, hingga obesitas.

Tak hanya untuk kesehatan, ada juga manfaat buah naga untuk wajah. Kandungan bahan aktif dan zat alami di dalamnya dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit di wajah.

Berikut manfaat buah naga untuk wajah seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/3).

1. Mengurangi jerawat

Manfaat buah naga untuk wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Manfaat buah naga untuk wajah yang pertama dapat mengurangi jerawat. Dalam buah naga terdapat kandungan vitamin C dan antioksidan yang bagus untuk kulit. Bagi kamu yang memiliki masalah jerawat, bisa mengatasi masalah peradangan sehingga kulit lebih tenang.

Cara menggunakannya, gunakan daging buah naga kemudian hancurkan hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

2. Menangkal radikal bebas

Manfaat buah naga untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Paparan radikal bebas salah satu faktor eksternal yang dapat merusak kulit. Paparan radikal bebas bisa membuat wajah kamu menjadi kering, kusam, hingga iritasi. Selain itu, kulit juga akan mengalami stres.

Kamu bisa mengatasi masalah itu dengan menggunakan buah naga. Caranya, oleskan pasta buah ke area wajah sebagai masker. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

3. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah naga untuk wajah

foto: Freepik.com

Gaya hidup, paparan sinar matahari dan polusi yang tak jarang jadi penyebab munculnya penuaan dini di wajah, seperti garis halus, kerutan dan flek hitam. Masalah tersebut pastinya sangat mengganggu penampilan.

Kamu bisa mengatasi masalah itu dengan menggunakan buah naga. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegahnya munculnya penuaan dini di wajah.

Caranya, ambil setengah buah naga dan haluskan menjadi pasta. Lalu tambahkan sedikit yogurt. Lalu oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

4. Mengatasi kulit terbakar matahari

Manfaat buah naga untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Paparan sinar matahari tak jarang membuat kulit wajah menjadi terbakar. Hal itu membuat kulit menjadi mengelupas hingga kemerahan yang menimbulkan rasa perih dan sakit.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan buah naga. Kandungan vitamin B3 di dalamnya dapat membantu menenangkan kulit. Oleskan pasta buah naga ke area wajah yang terbakar matahari. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

5. Menghaluskan wajah

Manfaat buah naga untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Buah naga juga kaya akan vitamin C, protein, dan asam folat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran di wajah. Ketika sel kulit mati di wajah terangkat, wajah pun akan terlihat lebih sehat dan lebih halus.

Caranya oleskan masker buah naga ke area wajah, diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

6. Membuat wajah lebih glowing

Manfaat buah naga untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Memiliki kulit glowing merupakan impian setiap orang. Tak heran bila banyak perawatan yang dilakukan masyarakat untuk memiliki kulit seperti itu. Kamu juga bisa memiliki kulit glowing dengan cara alami, yakni menggunakan buah naga. Kandungan vitamin C pada buah naga mampu membuat wajah bersih dan glowing.

Kamu bisa rutin mengoleskan masker buah naga ke wajah secara merata setiap dua kali dalam seminggu. Selain itu kamu juga rutin mengonsumsi jus buah naga setiap pagi untuk memberi nutrisi pada wajah dari dalam.

7. Melembapkan kulit

Manfaat buah naga untuk wajah

foto: Freepik/garetvisual

Manfaat buah naga untuk wajah selanjutnya adalah membantu melembapkan kulit. Seringnya aktivitas di luar ruangan dengan paparan radikal bebas tak jarang membuat wajah kamu menjadi kering dan kusam. Kamu bisa menggunakan buah naga untuk mengatasi masalah tersebut. Sebab dalam buah tersebut terdapat kandungan vitamin C, E dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan.

Cara mendapatkan manfaat itu kamu bisa rutin menggunakan masker buah naga. Caranya oleskan masker buah naga secara merata ke area wajah dan leher. Lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa. Buah naga memiliki kadar air hingga 90% sehingga ampuh menghidrasi kulit.

8. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat buah naga untuk wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Manfaat kulit buah naga untuk wajah juga bisa untuk melindungi kulit dari sinar UV lho. Sehingga wajah kamu tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit kusam, kering, dan tanda penuaan dini.

Caranya, ambil sari buah naga untuk dioleskan ke wajah sebelum keluar rumah. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan.

9. Menghidrasi kulit

Manfaat buah naga untuk wajah

foto: Freepik/drobitdean

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kalau buah naga mengandung kadar air yang sangat tinggi sehingga mampu menghidrasi kulit. Kamu bisa mencampurkan setengah potong buah naga, madu dan minyak zaitun. Campurkan semua bahan lalu oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

10. Meremajakan kulit

Manfaat buah naga untuk wajah

foto: Freepik/kroshka_nastya

Selain dapat mencegah kulit dari penuaan, buah naga juga mampu meremajakan kulit kulit lho. Kandungan nutrisi yang dimilikinya dapat membuat kulit lebih halus, kenyal, kencang, dan lembap. Caranya, oleskan masker buah naga secara rutin dua kali dalam seminggu. Lalu bersihkan dengan air biasa.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES