Brilio.net - Salah satu buah yang digemari banyak orang adalah buah naga. Buah naga terdiri dari beberapa jenis, seperti buah naga dengan daging merah ataupun buah naga dengan warna daging putih.

Buah naga merupakan buah tropis dari beberapa jenis kaktus marga Hylocereus dan Selenicereus yang berasal dari negara Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Meski berasal dari negara tropis, namun saat ini buah naga sudah bisa dijumpai di mana saja, salah satunya di Indonesia.

Menurut National Center for Biotechnology Information (NCBI), buah naga mengandung senyawa bermanfaat, seperti polifenol, karotenoid, dan betacyanins. Zat alami ini melindungi sel-sel dari kerusakan karena radikal bebas, molekul yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini.

Namun, selain bermanfaat untuk kesehatan, buah naga juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga atau merawat kecantikan, terutama untuk kaum hawa. Berikut 10 manfaat buah naga untuk kecantikan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (9/6).

Loading...

1. Mengurangi jerawat.

buah naga untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami orang. Buah naga yang kaya akan antioksidan dan vitamin C mampu mengatasi berbagai masalah jerawat yang membandel pada wajah.

Untuk mengurangi jerawat, dan mencegah jerawat muncul lagi, kamu dapat mengambil sedikit potongan buah naga lalu haluskan. Setelah itu oleskan buah naga yang telah dihaluskan tersebut pada area wajah yang terkena jerawat. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

Tunggu olesan buah naga sampai kering, kemudian basuhlah dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkannya hanya dengan menempelkan kulit buah naga di bagian wajah berjerawat. Lalu, biarkan selama 10 menit dan bersihkan.

2. Mencegah penuaan dini.

buah naga untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain mengobati dan mencegah jerawat, buah naga juga mampu mencegah penuaan dini pada kulit. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Serta antioksidan dan betakarotennya.

Buah naga merah akan membantu kulit untuk menangkal radikal bebas, dan memperlambat proses penuaan sel. Radikal bebas inilah yang menimbulkan tanda penuaan, berupa keriput, kerutan, dan garis halus pada wajah.

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengonsumsi buah naga merah secara rutin. Serta membalurkan pada wajah dalam bentuk masker buah.

3. Mencerahkan kulit.

buah naga untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Vitamin B3 dalam buah naga dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Jika wajahmu terlihat kusam, kamu bisa menggunakan buah naga untuk masker.

Caranya, haluskan buah naga, kemudian oleskan pada wajah secara rutin. Untuk hasil yang optimal, kamu bisa mengonsumsi buah naga juga secara rutin, diimbangi dengan pola makan yang sehat.

4. Menghaluskan kulit.

buah naga untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat buah naga selanjutnya, yakni dapat menghaluskan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C, protein, dan asam folat di dalam buah naga dipercaya ampuh dan efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati tersebut.

Kamu bisa menggunakannya dengan cara menjadikan buah naga sebagai masker pada wajah dan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit tubuh.

5. Menenangkan kulit yang terbakar matahari.

buah naga untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Ketika sedang beraktivitas di luar rumah, kulit akan terkena paparan matahari secara langsung. Hal ini dapat membuat kulit menjadi terbakar, dan memunculkan warna merah pada kulit. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan buah naga sebagai bahan alami yang dapat menenangkan kulit yang terbakar.

Vitamin B3 dalam buah naga berfungsi menenangkan kulit, mengatasi peradangan, kemerahan, dan gatal yang disebabkan oleh sinar ultraviolet yang keras. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, rajinlah mengoleskan maupun mengonsumsi buah naga, akan membantu kulitmu supaya selalu terlindungi dari sinar matahari yang berbahaya.

6. Membantu regenerasi kulit.

buah naga untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Manusia akan selalu mengalami peremajaan atau regenerasi sel-sel. Regenerasi sel bertujuan untuk mengganti sel-sel mati, sehingga mempercepat adanya sel baru untuk menjalankan fungsi dengan lebih baik.

Manfaat buah naga sangat baik dalam mempercepat proses regenerasi sel pada kulit. Cara membuat ramuan lulur dan masker buah naga, pertama haluskan dagingnya. Lalu campurkan dengan madu secukupnya. Balurkan pada wajah dan bagian kulit yang diinginkan.

Pijat lembut dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Terakhir, bilas lagi menggunakan air bersih dingin, serta keringkan dengan handuk bersih.

7. Melembapkan kulit.

buah naga untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya, buah naga dapat melembapkan kulit. Buah naga merah mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin C, E dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan. Kulit yang terjaga kelembapannya tentu akan terlihat lebih sehat dan segar.

Salah satu cara alami melembapkan kulit, bisa dengan menggunakan masker buah naga. Sesuaikan pula dengan tipe kulit. Bila berminyak, kamu bisa mencampurkan pasta daging buah dengan jeruk nipis. Selain itu bisa dicampurkan dengan madu secukupnya.

8. Mengatasi kerusakan rambut.

buah naga untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain untuk kulit, buah naga juga dapat mengatasi kerusakan rambut. Kerusakan rambut bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena pewarnaan rambut. Rambut yang telah diwarnai dengan zat kimia dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan.

Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengolah buah naga menjadi jus, lalu mengoleskannya pada kulit kepalamu sebelum keramas. Buah naga berperan membantu melindungi kesehatan folikel rambut.

Vitamin dan mineral dalam buah naga dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala agar pertumbuhan rambutmu lebih sehat.

9. Membantu mengurangi berat badan.

buah naga untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Memiliki berat badan yang ideal dapat menunjang penampilan seseorang. Buah naga yang kaya akan serat serta rendah kalori, dapat dijadikan menu sehat untuk kamu yang sedang diet.

Buah naga diyakini dapat membuat perut terasa kenyang tanpa takut berat badan bertambah. Selain itu, serat dalam buah ini juga membantu mengurangi asupan makanan berlebih dan memperlancar pencernaan sehingga tidak banyak makanan yang menumpuk di perut.

10. Membuat kulit tampak bersinar.

buah naga untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Vitamin C dalam buah naga dapat membantu mencegah kulit kusam dan membuat kulit terlihat segar dan diremajakan. Sehingga, tidak kusam lagi dan kembali bersinar.

Meskipun mengoleskan buah naga dapat membantu, meminum segelas jusnya adalah cara yang baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya bersinar.

Related News