Brilio.net - Apel adalah salah satu buah lezat yang diberkati dengan sejumlah manfaat kesehatan. Apel kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Medical News Today, apel termasuk menu makanan sehat, kaya akan antioksidan, flavonoid, dan serat makanan.

Kandungan apel tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, melainkan juga mampu merawat kecantikan secara alami. Nutrisi apel meliputi Vitamin C, Vitamin K, mineral, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan masih banyak lagi lainnya.

Apel memiliki senyawa melawan penyakit yang akan membantu memperbaiki jaringan dan sel tubuh selama beroperasi sehari-hari. Apel bisa dipakai untuk merawat kecantikan kulit, wajah, hingga rambut. Mulai dari mencegah jerawat, penuaan dini, merawat rambut, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut ulasan lengkap mengenai manfaat apel untuk kecantikan dan cara pakainya, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (15/10).

Loading...

1. Kulit lebih bercahaya.

manfaat apel untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Apel kaya akan vitamin C, sedangkan kulit selalu membutuhkan vitamin C untuk membuat kolagen. Vitamin C dalam apel berkontribusi pada kulit untuk merawatnya agar lebih bercahaya. Sedangkan vitamin B-nya dapat melawan jerawat.

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan makan apel secara teratur. Kamu bisa menjadikan apel sebagai masker wajah, caranya tumbuk beberapa iris apel lalu campur dengan madu. Kemudian oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

2. Rambut lebih panjang dan berkilau.

manfaat apel untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Pyrus malus atau ekstrak apel, sering digunakan sebagai bahan pelembab dalam shampo, kondisioner, dan serum. Jadi kamu bisa membuat masker rambut sendiri dengan apel di rumah. Caranya, blender atau haluskan 1 sampai 2 iris apel besar, campur dengan 2 sendok makan cuka sari apel, 1 sendok teh jus lemon, dan 1 sendok makan tepung jagung. Oleskan ke rambut yang masih kering, biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

3. Membuat gigi lebih bersih dan sehat.

manfaat apel untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Mengunyah apel yang kaya serat bisa berfungsi sebagai semacam sikat gigi. Apel mampu membersihkan plak dan menghilangkan sisa makanan. Ditambah dengan keasaman dalam apel yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Caranya adalah dengan memakan apel beserta kulitnya sekaligus. Karena kulit apel adalah tempat sebagian besar serat ditemukan.

4. Mencegah penuaan dini.

manfaat apel untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Penuaan kulit dini secara besar adalah pengaruh dari molekul radikal bebas. Untuk menanggulangi atau mengurangi masalah ini, kamu bisa memanfaatkan khasiat dari apel. Buah apel yang kaya khasiat vitamin C, bisa melawan radikal bebas kemudian mengurangi penuaan kulit.

Perawatan wajah dengan apel hijau akan menghilangkan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Makan buah apel hijau secara rutin. Apel juga bisa dijadikan sebagai masker alami, caranya gosokkan apel pada wajah. Biarkan selama 10-20 menit. Kemudian bilas wajah dengan air dingin.

5. Mencegah penyakit kulit.

manfaat apel untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Setiap harinya kulit membutuhkan mineral, apabila kekurangan berbagai mineral bisa menimbulkan berbagai penyakit kulit. Salah satu cara untuk mencegahnya ialah dengan apel. Sifat antioksidan pada apel bisa menjaga kulit tetap elastis dan membuat kulit lebih awet muda.

Kamu hanya perlu menyiapkan apel beserta campuran lain seperti minyak zaitun atau madu, oleskan pada kulit, diamkan selama kurang lebih 20 menit. Bilas hingga bersih.

6. Kulit lebih putih dan bersih.

manfaat apel untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Karena apel merupakan sumber berbagai vitamin, ini bisa membantu kulit menjadi putih. Selain itu apel juga berfungsi memberikan 'gizi' pada warna kulit. Konsumsi apel setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Menghilangkan jerawat.

manfaat apel untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Makan apel hijau secara teratur membantu mencegah dan pengendalian letusan jerawat. Apel juga bisa bekerja secara efektif pada masalah jerawat. Tak hanya jerawat, apel juga baik untuk menghilangkan komedo, noda, dan bintik-bintik gelap pada wajah.

Caranya adalah tumbuk seperempat apel, campur denga krim susu. Kemudian oleskan pada wajah. Setidaknya lakukan dua kali dalam seminggu jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Mengurangi masalah ketombe.

manfaat apel untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Untuk melawan ketombe, apel hijau bisa bekerja dengan sangat baik. Caranya, siapkan pasta dari kulit apel lalu oleskan pada kulit kepala secara rutin. Teknik ini juga bisa memperkuat akar rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan tentunya dapat mencegah rambut rontok.

9. Melindungi kulit dari sinar UV.

manfaat apel untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa sinar UV yang berlebih itu tidak baik untuk kulit. Sinar UV dapat mempengaruhi lapisan pada kulit. Inilah alasannya kenapa banyak orang mengoleskan lotion tabir surya pada kulit sebelum keluar rumah.

Namun, jika rutin mengonsumsi apel, kamu tidak perlu lagi mengoleskan tabir surya pada kulit. Sebab apel bisa bertindak sebagai pelindung sinar UV dalam skala besar. Bahkan jika kamu mengalami sengatan matahari, kandungan apel akan mengobatinya dengan cepat. Kamu juga bisa membuat pasta apel dengan dengan menambahkan sedikit lemon lalu mengoleskannya ke kulit.

10. Memperbaiki melanin.

manfaat apel untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Apabila melanin pada tubuh tidak normal, bisa menimbulkan berbagai penyakit hingga parahnya kanker kulit. Semua mikroorganisme dapat dengan mudah menyerang tubuh dan lapisan kulit jika tidak ada lapisan melanin di kulit. Tapi, jika kamu mengonsumsi apel secara teratur, produksi dan retensi melanin di kulit bisa dengan mudah tercapai.

Related News