Brilio.net -  Beras dikenal sebagai bahan makanan pokok yang dimasak menjadi nasi. Namun taukah kamu, selain mengenyangkan beras bermanfaat untuk kecantikan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengambil air bekas cucian beras sebagai perawatan kecantikan.


Air cucian beras merupakan air yang diperoleh usai mencuci beras. Air cucian beras telah digunakan selama berabad-abad di negara-negara Asia untuk menjaga kulit tampak muda dan membantu rambut tumbuh sehat dan kuat.

Air cucian beras mengandung vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh. Sehingga tak heran jika saat ini banyak ditemukan beberapa skincare dan bodycare berbahan dasar beras, seperti lulur beras, masker beras dan lain sebagainya.

Loading...


Meski terlihat sepele, air beras ini mengandung beragam vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan, seperti seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1. Dalam air cucian beras juga terdapat asam amino, gammaoryzanol, dan sifat antioksidan.


Untuk menggunakannya, biasanya air cucian beras di endapkan terlebih dahulu sehingga sari patinya dapat terkumpul di dasarnya. Endapan ini lah yang biasanya digunakan menjadi masker.

Tak hanya itu, air yang tersisa setelah kamu menanak nasi juga dapat membuat rambut lebih indah dan kuat. Hal ini sudah dilakukan lebih dari 1000 tahun di negara Jepang untuk perawatan kecantikan secara alami.


Dengan beberapa kandungan vitamin dan mineral didalamnya, membuat air beras ini memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kecantikan dari mulai kulit hingga rambut. Berikut 10 manfaat air beras untuk kencantikan, brilio.net rangkum dari stylecraze.com dan sumber lainny pada Kamis (17/12).


1. Mencegah tanda penuaan.

Manfaat air beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sebuah penelitian mencatat efek formulasi gel yang mengandung air beras pada kulit manusia. Penelitian tersebut melibatkan 12 relawan yang menggunakan formulasi tersebut selama 28 hari.

Ditemukan bahwa air beras mengandung antioksidan yang dapat menghambat aktivitas elastase (enzim yang merusak elastin). Dengan demikian, dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan.


2. Menyuburkan rambut.

Manfaat air beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Air yang tersisa setelah menanak nasi dapat meningkatkan kesuburan rambut. Setelah mencuci rambut dengan shampo, gunakan air cucian beras sebagai pengganti kondisioner. Bilas rambut dengan air beras. Lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu.


3. Mengatasi ketombe dan kutu rambut.

Manfaat air beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kulit kepala dengan pH yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab utama munculnya ketombe. Membilas kulit kepala dengan air beras cukup efektif untuk menyeimbangkan pH kulit. Tak hanya itu air beras untuk membilas rambut juga dapat mengatasi kutu rambut. Caranya, gunakan air beras untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas dengan air bersih.


4. Dapat mencerahkan kulit.

Manfaat air beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya air cucian beras adalah mampu mencerahkan kulit. Kandungan gammaoyzanol pada air cucian beras dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Gunakan air cucian beras untuk cuci muka atau sebagai toner. Manfaat air beras ini belum terbukti secara ilmiah. Namun, orang Korea dan Jepang menggunakan air beras untuk meminimalkan noda dan mencerahkan kulit mereka.


5. Melindungi lapisan kulit terluar.

Manfaat air beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ketika lapisan kulit terluar bermasalah, maka akan menyebabkan kulit menjadi kering dan rentan terhadap kondisi kulit seperti dermatitis atopik. Sebuah penelitian menemukan bahwa pati beras dapat membantu meningkatkan dan memperbaiki pelindung alami kulit.

Sari pati beras sangat bermanfaat bagi orang yang menderita dermatitis atopik. Fungsi air beras ini juga bermanfaat untuk mengatasi eksim, ruam, dan peradangan.


6. Mengatasi kulit terbakar karena matahari.

Manfaat air beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Air beras terasa menenangkan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Saat dioleskan pada kulit endapan air beras yang menyerupai tepung akan terasa dingin dan memiliki efek mengencangkan. Air endapan beras ini juga sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan kulit berminyak.


7. Menangkal radikal bebas.

Manfaat air beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Air cucian beras memiliki sifat antioksidan alami. Dalam sifat antioksidan terdapat kandungan ferulic acid. Erulic acid berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Jika radikal bebas yang terdapat dalam tubuh makin tidak terkendali, bisa menyebabkan timbulnya penyakit yang mematikan seperti kanker.


8. Meningkatkan pertumbuhan rambut.

Manfaat air beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Masalah rambut adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang, terutama bagi wanita. Air beras dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan asam amino yang ada dalam air beras, dapat membantu regenerasi rambut dan membantu pertumbuhan rambut jadi lebih cepat.


Selain itu, air beras juga mengandung vitamin B, C, dan E, yang selanjutnya membantu pertumbuhan rambut. Caranya, gunakan air beras untuk membilas rambut setelah keramas. Lakukan setidaknya dua kali semiggu untuk mendapatkan hasil maksimal.


9. Memperkuat akar rambut.

Manfaat air beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain membantu pertumbuhan rambut agar lebih cepat, air beras yang kaya akan asam amino juga dapat memperkuat akar rambut sehingga tak mudah rontok. Tak hanya itu, rambut juga akan lebih halus dan berkilau jika kamu menggunakan air beras sebagai kondisioner alamimu.


10. Mengatasi rambut bercabang.

Manfaat air beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Rambut bercabang membuat tampilan rambut jadi tidak indah dan terlihat kusut. Hal ini dikarenakan rambut membutuhkan protein. Air beras dapat digunakan sebagai solusi mengatasi rambut bercabang secara alami karena mengandung banyak protein.

Caranya, rendam ujung rambut bercabangmu dalam air beras selama 15 hingga 20 menit, lalu cuci rambut dengan air bersih. Secara bertahap, rambut akan melihat peningkatan dengan kondisi membaik.

Related News