1. HOME
  2. »
  3. Beauty
10 Kebiasaan sehari-hari ini bikin jerawat tambah banyak

Kebiasaan sepele yang bikin jerawatmu tambah banyak.

 

Nur Luthfiana Hardian, 05 Maret 2019 17:05

Brilio.net - Terlihat cantik tidak hanya membuatmu bahagia, tetapi juga memberikan kepercayaan diri saat pergi dan tampil di depan orang. Tetapi, di zaman sekarang dengan polusi yang semakin meningkat, kebiasaan makan yang salah, dan tingkat stres yang semakin meningkat, kulitlah yang paling menderita.

Ada begitu banyak kotoran yang bisa masuk ke dalam pori-pori wajah, kotoran yang menumpuk lambat alun bisa menjadi jerawat. Jerawat adalah istilah yang biasa disebut dengan munculnya benjolan warna merah pada wajah.

Jerawat bisa muncul karena minyak berlebih pada wajah, bakteri, sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut, ataupun bisa terjadi karena hormon keturunan. Orang yang memiliki kulit berminyak akan lebih rentan terhadap jerawat, tetapi menghentikan kebiasaan buruk masih bisa membantu untuk mencegah munculnya jerawat.

Saat muncul jerawat, orang akan cenderung berusaha untuk segera menghilangkannya. Berbagai cara ditempuh untuk bisa membuat wajah tampil sehat dan berkilau seperti sedia kala. Namun bukannya jerawat hilang, justru ada jerawat lagi yang muncul di sebelahnya. Jerawat menjadi lebih banyak dibandingkan semula.

Munculnya jerawat yang lebih banyak bisa berasal dari berbagai faktor, salah satunya adalah kebiasaan buruk sehari-hari. Kamu harus mulai bisa mengubah rutinitas harianmu untuk meningkatkan penampilan kulit, agar nggak bikin jerawat makin banyak.

Apa saja kebiasaan buruk yang bisa bikin jerawat makin banyak, yang harus kamu hindari? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (5/3).

 

1. Tidak mencuci wajah dengan bersih.

kebiasaan jerawat instagram

foto: unsplash

Ketika wajahmu penuh dengan makeup, maka jangan sekali-kali hanya mencuci wajah menggunakan air saja. Terkadang karena terburu-buru waktu atau sedang malas, beberapa orang cenderung mencuci wajah hanya dengan air. Sebaiknya hilangkan riasan di wajah terlebih dahulu, kemudian cuci muka dengan sabun wajah yang cocok.

 

2. Memegang area wajah yang jerawat.

kebiasaan jerawat instagram

foto: pixabay

Kebiasaan buruk orang yang memiliki jerawat adalah jengkel dengan jerawatnya. Orang menjadi sering menyentuh jerawat yang ada di wajah. Padahal sepanjang hari tangan bersentuhan dengan ribuan bakteri dan tidak bisa mencuci tangan setiap saat.

Tangan kotor yang menyentuh wajah terutama jerawat, maka tangan akan mentransfer bakteri, minyak, dan partikel kotoran ke wajah, sehingga jerawat akan lebih muncul lebih banyak.

 

3. Menggunakan makeup yang tidak tepat.

kebiasaan jerawat instagram

foto: pixabay

Setiap orang memiliki jenis kulit berbeda-beda ada yang bersifat kering, berminyak, lembab, sensitif, dan lain sebagainya. Kalau kamu sering menggunakan makeup yang tidak tepat dengan kulit wajahmu, maka hal itu akan memperparah jerawat. Pastikan apa jenis kulit wajahmu, kemudian gunakan makeup yang sesuai.

 

4. Mengeringkan wajah tidak dengan handuk yang berbeda.

kebiasaan jerawat instagram

foto: Instagram/@aintnoplanetb

Setelah mandi dan cuci muka, kebiasaan buruk orang adalah mengeringkan wajah dengan handung yang sudah dipakai sebelumnya. Hindari kebiasaan buruk tersebut dengan memisahkan handuk wajah dengan handuk badan. Agar wajahmu tetap bersih dan nggak bikin jerawat makin banyak.

 

5. Jarang keramas.

kebiasaan jerawat instagram

foto: pixabay

Padatnya aktivitas setiap hari menuntutmu juga harus bisa menjaga diri mengenai kesehatan tubuh, terutama wajah. Jangan sampai melewatkan keramas, terutama bagi kamu yang memiliki rambut berminyak.

Sebab minyak yang ada pada kulit rambut dapat meresap ke wajah, sehingga membuat jerawat semakin banyak. Usahakan kamu mencuci rambut setiap hari untuk mencegah kelebihan minyak pada wajah, terumata pada bagian dahi.

 

6. Tidak membersihkan wajah yang berkeringat.

kebiasaan jerawat instagram

foto: unsplash

Saat wajah terkena paparan sinar matahari atau karena lelah berolahraga, maka wajah akan mudah berkeringat. Jangan pernah kamu diamkan keringat tersebut pada wajahmu yang sedang berjerawat. Keringat yang mengering di wajah akan membuat jerawat semakin banyak.

 

7. Mencuci wajah secara kasar.

kebiasaan jerawat instagram

foto: Instagram/@kesseldermatology

Kebiasaanmu bersemangat ingin menghilangkan jerawat di wajah, membuatmu sering mencuci wajah secara kasar. Padahal menggosok kulit wajahmu dengan keras bisa menyebabkan iritasi yang signifikan dan dapat memperburuk wajahmu yang berjerawat.

 

8. Mencuci wajah dengan pembersih wajah terlalu sering.

kebiasaan jerawat instagram

foto: Instagram/@beauty_by_desire

Niat hati ingin menghilangkan jerawat dengan sering mencuci wajah dengan pembersih wajah, namun cara ini justru membuat sebaliknya. Terlalu sering mencuci wajah hanya akan memperburuk jerawat yang sudah ada.

Sebaiknya kamu mencuci wajah tidak lebih dari tiga kali dalam sehari. Waktu yang baik untuk mencuci wajah adalah di pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

 

9. Memencet jerawat.

kebiasaan jerawat instagram

foto: Instagram/@kesseldermatology

Jika muka muncul jerawat, hindari kebiasaan memencetnya. Kebiasaan ini dapat menyebabkan peningkatan kemerahan karena mengeluarkan nanah lebih dalam pada wajah. Jauhkan kebiasaan buruk ini, jauhkan tangan kotormu adri wajah berjerawat.

 

10. Mengoleskan krim anti jerawat hanya pada bagian jerawat saja.

kebiasaan jerawat instagram

foto: pexels

Terkadang orang berpikir kalau cukup mengoleskan krim atau obat anti jerawat hanya fokus pada bagian jerawatnya saja, namun cara itu adalah sebuah kesalahan. Untuk mencegah jerawat menyebar, alangkah baiknya kamu mengikuti pola saat mengoleskan krim anti jerawat.

Seperti yang brilio.net lansir dari Antara, pola mengoleskan krim pada wajah gunakan telunjuk membuat lingkaran pada mata, untuk wajah kamu bisa melakukan gerakan ke atas melawan gravitasi, jangan tarik wajahmu ke bawah.

Related News

(brl/lea)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Kebiasaan sehari-hari ini bikin jerawat tambah banyak.
Kebiasaan sepele yang bikin jerawatmu tambah banyak.
https://brilistyle.brilio.net/beauty/10-kebiasaan-sehari-hari-ini-bikin-jerawat-tambah-banyak-190305n.html
SEND


What Do You Think

Up Next: 8 Manfaat jahe untuk kecantikan, bisa mencegah penuaan dini

Next
TOP