10 Fungsi toner wajah, menyegarkan dan melembapkan kulit

10 Fungsi toner wajah, menyegarkan dan melembapkan kulit

Brilio.net - Fungsi toner wajah sangat penting untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit di wajah. Rutin menggunakan toner dapat membuat kulit wajah lebih cerah, segar, lembap, dan bersih.

Toner merupakan salah satu jenis skincare yang kerap digunakan banyak orang dalam rutinitas harian. Skincare digunakan setelah melakukan pembersih wajah dan sebelum menggunakan serum. Memiliki tekstur yang sangat cair, toner dapat dengan mudah meresap ke kulit.

Cara kerja toner adalah dengan meminimalisir munculnya pori-pori, mengencangkan kulit, dan menghilangkan minyak dan kotoran secara alami. Toner juga dianggap efisien untuk membantu membersihkan wajah dari polusi dan makeup secara maksimal.

Dalam kandungan toner sendiri beragam dan bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Misalnya untuk kulit berjerawat, pilih toner dengan kandungan salicylic acid, witch hazel, dan AHAs. Untuk kulit kering, bisa memilih toner dengan kandungan glycerin dan hyaluronic acid. Dan kulit sensitif gunakan toner dengan kandungan aloe vera dan chamomile.

Semua kandungan tersebut membuat fungsi toner wajah semakin kuat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Jadi, sebaiknya penggunaan toner tak boleh dilewatkan, karena bisa jadi kunci untuk tampilan yang bercahaya dan lebih segar.

Cara menggunakan toner sendiri sangat mudah, cukup tuangkan toner secukupnya ke kapas, kemudian usapkan secara lembut ke area wajah. Setelah itu diamkan hingga meresap dan lanjutkan dengan penggunaan skincare lainnya.

Nah kali ini brilio.net merangkum fungsi toner wajah. Apa saja yah? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/2).

1. Mengontrol produksi minyak.

Fungsi toner wajah

foto: Freepik/jcomp

Beberapa orang yang memiliki kulit berminyak pasti merasa sangat terganggu dalam hal penampilan. Sebab, selain membuat wajah terlihat tak sehat, kulit berminyak juga menyebabkan wajah mudah berjerawat.

Salah satu fungsi toner wajah dapat mengontrol produksi minyak di wajah. Kandungan dalam toner dapat mengangkat minyak di wajah hingga ke dalam pori-pori.

2. Mengecilkan pori-pori.

Fungsi toner wajah

foto: Freepik/jcomp

Pori-pori besar di wajah juga bisa menyebabkan kulit kusam dan jerawat karena banyak kotoran yang masuk ke dalam pori-pori. Menggunakan toner ke wajah dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga tidak ada kotoran dan sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit. Wajah pun akan terasa lebih sehat.

3. Melindungi kulit dari radikal bebas.

Fungsi toner wajah

foto: Freepik/jcomp

Paparan polusi tak hanya membuat wajah kotor, tapi juga bisa membuat wajah terlihat kusam. Untuk itu, fungsi toner wajah dapat membersihkan kulit secara menyeluruh. Toner juga dapat membantu mengencangkan wajah dan mengecilkan pori-pori sehingga wajah lebih segar.

4. Membantu penyerapan skincare dan makeup.

Fungsi toner wajah

foto: Freepik/benzoix

Dengan fungsi toner wajah untuk membersihkan, sehingga toner dianggap sebagai salah satu skincare yang efektif membuat wajah sehat. Ketika wajah bersih, pengaplikasian skincare dan makeup juga bisa lebih mudah dan meresap. Hasilnya pun akan lebih terlihat.

5. Membersihkan wajah.

Fungsi toner wajah

foto: Freepik/master1305

Fungsi toner wajah yang utama adalah untuk membersihkan wajah secara merata setelah penggunaan makeup cleanser dan sabun cuci muka. Kandungan zat aktif di dalam skincare mampu membersihkan residu dari kulit sehingga kulit lebih bersih, sehat, dan cerah.

Tak hanya untuk wajah, ternyata toner juga efektif digunakan untuk membersihkan area kulit lainnya yang sering terpapar polusi seperti telinga, lengan, dan dada.

6. Menghidrasi kulit.

Fungsi toner wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Setelah membersihkan wajah, pasti kulit terasa lebih kering. Penggunaan toner ini berfungsi untuk kembali menghidrasi kulit sehingga tetap terjaga kesegaran dan kelembapannya. Kulit yang terhidrasi akan terhindar dari masalah kulit kering, kusam, dan tanda penuaan.

7. Melembapkan kulit.

Fungsi toner wajah

foto: Freepik/senivpetro

Memiliki kulit yang lembap pastinya dambaan setiap orang. Tak heran bila banyak para wanita khususnya yang rela mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perawatan.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan skincare. Urutan menggunakan skincare tak boleh dilewatkan. Salah satunya toner, sebab toner kaya akan vitamin yang bagus untuk membantu melembapkan kulit. Biasanya kandungan vitamin C, niacinamide, dan lainnya bekerja melembapkan kulit.

8. Menyegarkan kulit.

Fungsi toner wajah

foto: Freepik/lookstudio

Seperti diketahui, fungsi toner wajah adalah untuk membantu membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati dan polusi. Selain itu, toner juga dapat membuat wajah lebih segar karena kandungan bahan alami di dalamnya memberi nutrisi pada kulit. Selain itu juga penggunaan toner secara rutin dalam membuat kulit tampak sehat.

9. Mencegah munculnya jerawat.

Fungsi toner wajah

foto: Freepik/jcomp

Jerawat salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Munculnya jerawat disebabkan oleh kulit berminyak dan pori-pori terbuka. Hal itu membuat sebum tersumbat di dalam pori-pori dan menyebabkan peradangan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan toner. Fungsi toner dapat membersihkan wajah hingga ke pori-pori terdalam sehingga tak ada kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori. Toner juga dapat mengontrol produksi minyak di wajah sehingga kulit lebih sehat.

10. Menyeimbangkan pH kulit.

Fungsi toner wajah

foto: Freepik/lookstudio

Fungsi toner wajah yang terakhir adalah dapat membantu menyeimbangkan pH kulit. Kulit manusia memiliki skala pH kulit 0-14, 7 adalah level netral pH kulit. Namun, pH optimal kulit manusia adalah 5,5.

Toner ini memiliki kandungan yang dapat melindungi mantel asam sehingga keseimbangan pH kulit terjaga. Ketika pH kulit seimbang, wajah terlihat lebih lembap dan terhindar dari masalah iritasi.


(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES