Brilio.net - Jerawat seringkali menjadi “bencana” bagi kaum Hawa. Muncul satu jerawat saja di wajah sudah membuat wanita bingung bagaimana menutupinya. Apalagi jika jerawat tersebut sudah menyebar ke seluruh wajah, bukan tidak mungkin hal itu akan membuat wanita panik.

Maklum, wanita selalu ingin tampil cantik dengan kulit yang sehat tanpa berjerawat. Ketika jerawat muncul, bukan tidak mungkin bakal mengakibatkan wanita kurang percaya diri sehingga takut untuk bertemu orang lain terlebih lawan jenis. Jerawat biasanya timbul karena adanya perubahan hormon. Tapi tidak jarang disebabkan gaya hidup dan rutinitas kebersihan yang salah.

Banyak faktor yang menyebabkan jerawat muncul di anggota tubuh. Jenis kulit yang terlalu kering atau terlalu berminyak juga berpeluang memunculkan jerawat. Secara alamiah, wajah wanita sering berjerawat sepekan sebelum menstruasi. Hal ini disebabkan faktor hormon yang dimiliki.   

Ada juga yang disebabkan terlalu sering coba-coba produk kosmetik baru. Kebiasaan ini berpotensi menimbulkan jerawat. Selain itu, stres juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. 

Loading...

Karena itu, sebaiknya para wanita melakukan kebiasaan membersihkan wajah dengan cara dan penggunaan kosmetik yang benar. Harus disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Berikut 10 fakta tentang jerawat dan cara mengatasinya.

1. Berdampak pada psikologis

hellomagazone.com

Menurut survei sebuah perusahaan kosmetik kepada 1.000 wanita Indonesia, 77 persen dari mereka pernah mengalami kejadian yang tidak enak karena jerawat. Tidak jarang mereka mendapat cibiran dari orang lain. “Jerawat kamu banyak ya.” atau “Yang rajin cuci muka biar jerawatnya nggak nutupin wajah”. 

Meskipun kalimat itu hanya diucapkan sebagai bentuk basa basi, namun yang mereka tidak sadari, hal itu sudah menurunkan kepercayaan diri seorang wanita hingga lebih dari 50 persen dan berdampak secara psikologis.

2. Berusaha menghilangkan jerawat dengan berbagai cara

averraglow.com

Wanita biasanya akan berusaha menghilangkan jerawat membandel dengan berbagai macam cara. Mulai dari perawatan laser di klinik kecantikan yang menghabiskan uang hingga jutaan rupiah, berbagai produk penghilang jerawat, sampai paket skincare yang membutuhkan banyak langkah dalam pemakaiannya.

Ketika membuahkan hasil, tentu saja membuat mereka bahagia. Tapi jika hasilnya nihil, selain menghabiskan uang, mereka juga akan kecewa dan merasa usahanya sia-sia. Apalagi jika efek samping dari berbagai macam perawatan tersebut justru membuat kulit menjadi kusam.

3. Mengenali jenis jerawat

drwwmedspa.com

Jerawat itu terdiri dari beberapa jenis seperti komedo, papula, pustula dominan, nodul, abses, dan lainnya. Karena itu cara menanganinya juga harus disesuaikan dengan jenis jerawat tersebut. Jerawat di masa remaja tentu berbeda dengan jerawat pada orang dewasa.

Saat remaja, jerawat biasanya muncul di area dahi dan pipi yang disebabkan pipi relatif berminyak atau akibat ketombe. Sementara pada orang dewasa, jerawat biasanya muncul pada bagian bawah dagu, garis rahang, dan bagian atas wajah. Pada wanita umumnya disebabkan menstruasi yang tidak teratur atau kehamilan.

2 dari 3 halaman

4. Hilangkan kebiasaan yang salah

expertbulletin.com

Kebiasaan mencoba produk baru sangat berpotensi menimbulkan jerawat. Karena itu usahakan untuk menahan diri tidak menjajal berbagai produk yang ditawarkan. Teliti dulu kandungan yang ada di kosmetik tersebut.  

Selain itu jangan pernah pernah memencet atau memecahkan jerawat. Sebab jika itu dilakukan akan melepaskan semua bakteri penyebab jerawat ke seluruh kulit wajah kamu, dan juga meningkatkan kemungkinan jaringan parut.

Kemudian biasakan menghapus riasan segera setelah tiba di rumah, dan jangan pernah tidur dengan riasan. Usahakan untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan. Kemudian kurangi konsumsi makanan yang menyebabkan masalah jerawat, seperti produk susu. Nah ini juga nggak kalah penting, hindari produk rambut, termasuk sampo dan kondisioner mengenai wajah.karena itu bersihkan wajah dan leher setelah keramas. Lalu gantilah bantal, seprai, dan selimut secara teratur.

5. Mengenal sebum, tempat berkembang biak jerawat

dailyvanity.sg

Kulit menghasilkan sebum atau yang dikenal sebagai “minyak”. Terkadang minyak ini terjebak di dalam folikel rambut dan membentuk reservoir. Sebum ini menjadi tempat berkembang biak yang bagus untuk jerawat dan bakteri yang hidup di permukaan kulit.

Ketika bakteri mulai memakan sebum berlebih itu akan menyebabkan infeksi kulit di dalam pori-pori yang tersumbat. Inilah yang menyebabkan infeksi lokal pada kulit atau yang kita kenal sebagai jerawat.

6. Membersihkan wajah dengan benar

dailyvanity.sg

Lantas bagaimana membasmi bakteri penyebab jerawat? Membersihkan kulit wajah setiap hari untuk mengurangi kelebihan sebum akan menghilangkan makanan dan nutrisi bakteri jerawat. Nah kebanyakan orang akan mencuci muka dua kali dalam sehari.

Sebenarnya, hal itu tergantung jenis kulit loh. Jika kulit kamu tidak menghasilkan terlalu banyak minyak, cukup lakukan pembersihan wajah sekali saja, bisa malam hari saja sebelum tidur.

Jangan membersihkan wajah lebih dari dua kali dalam sehari. Sebab, dapat membuat kulit kamu lebih kering yang pada akhirnya dapat meningkatkan produksi sebum. Gunakan formula yang lembut dan tidak mengering pada pembersih wajah yang biasanya tersedia dalam bentuk gel, losion, atau krim.

3 dari 3 halaman

7. Gunakanlah kosmetik yang tepat dan cocok untuk kulit kamu

Glowiti

Jaga rutinitas perawatan kulit sederhana, dan gunakan produk yang paling sesuai dengan jenis kulit kamu. Saat ini banyak produk asli Indonesia di pasaran yang dibuat khusus untuk daerah tropis seperti Glowiti Platinum Super Acneyang terdiri dari rangkaian, Glowiti Acne Cream dan Glowiti Face Toner. Dua produk ini, jika digunakan secara rutin bisa membantu kulit untuk beregenerasi dengan cepat, menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat, serta mencerahkan kulit wajah secara alami.

“Soal kualitas sudah tidak perlu diragukan. Kandungan dalam produk Glowiti juga sudah teruji aman. Produk kami hadir tidak hanya untuk merawat kulit para wanita Indonesia, namun juga bisa memperbaiki kondisi kulit agar bisa lebih cerah serta sehat secara alami,” ujar Eva Yuniati, Manajer Operasional Glowiti Platinum Skincare.

Sebelum membeli kosmetik, ada baiknya kamu mencari informasi melalui internet mengenai kandungan dan formulasi bahan kosmetik yang ingin dibeli. Misalnya, produk tersebut diformulasikan oleh para pakar kecantikan yang tentu sangat berpengalaman seperti Glowiti Platinum Skincare. Lebih baik untuk memastikan jika produk tersebut tidak hanya cocok untuk jenis kulit berminyak yang rentan berjerawat, namun semua jenis kulit. 

8. Lembabkan wajah setiap hari

dailyvanity.sg

Melembabkan wajah adalah suatu keharusan untuk semua jenis kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat. Menjaga kulit terhidrasi dengan baik adalah langkah penting untuk mengurangi produksi sebum, yang kemudian mencegah jerawat. Pastikan menggunakan pelembap yang cukup melembabkan, tetapi tidak terlalu tebal untuk kulit.

9. Eksfoliasi kulit secara berkala

dailyvanity.sg

Pengelupasan atau menghilangkan lapisan paling atas sel kulit mati di wajah (eksfoliasi) dapat membantu mencegah folikel dan pori-pori tersumbat. Sebab, sel kulit mati juga dapat memberikan nutrisi tambahan bagi bakteri, jadi membuangnya akan membantu menyingkirkan mikro organisme yang mengganggu tersebut. Lakukan eksfoliasi secara berkala misalnya seminggu sekali.  

Bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat, disarankan menggunakan bahan yang mengandung asam dengan kadar tertentu, jangan yang terlalu kuat. Sangat disarankan agar kamu melakukan uji tempel sebelum menggunakan produk berbasis asam apa pun pada kulit. Tujuannya untuk menentukan sensitivitas kulit kamu. Oleskan sedikit di punggung tangan dan biarkan beberapa menit, lihat apakah kulit kamu bereaksi buruk terhadapnya.

Jika kulit di tangan tampak baik-baik saja, coba oleskan sedikit pada area wajah yang berjerawat, dan biarkan selama sekitar tiga hingga lima menit. Jika ada rasa perih atau iritasi, segera cuci bersih, asamnya mungkin terlalu kuat untuk kulit kamu.

10. Sesuaikan dengan bujet kamu ya

dailyvanity.sg

Tentu saja saat memilih produk kosmetik juga harus  mempertimbangkan masalah harga. Jangan sampai harga yang tertera membuat kamu malah stres. Banyak kosmetik yang ditawarkan dengan harga terjangkau seperti rangkaian Glowiti Skincare yang dipatok dengan harga kurang dari Rp 300 ribu, untuk pemakaian selama kurang lebih satu bulan.

“Jauh lebih hemat daripada perawatan dengan menggunakan laser bukan? Daripada menghabiskan uang untuk laser dan membeli produk impor, mending menggunakan Glowiti, produk buatan Indonesia untuk wanita Indonesia,” tutupnya.

Related News