10 Cara merawat kuku tampak berkilau & sehat, pakai belimbing wuluh

10 Cara merawat kuku tampak berkilau & sehat, pakai belimbing wuluh

Brilio.net - Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terdapat dan tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari dan memiliki pori-pori. Kuku bukan bagian dari tulang melainkan terbuat dari protein yang disebut keratin.

Keratin bukan hanya terdapat pada kuku saja, melainkan terdapat juga pada kulit dan rambut. Setiap orang memiliki kekuatan, ketebalan, dan tingkat pertumbuhan kuku yang berbeda-beda. Umumnya, ketiga faktor tersebut diwariskan dari orangtua, alias faktor genetik.

Namun terkadang, akibat seringnya beraktivitas yang padat, kurangnya vitamin dan nutrisi, serta kurangnya perhatian dalam merawat kuku akan membuat kuku tempak kusam, mudah rapuh dan patah. Apalagi bagi para wanita, kuku adalah salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perawatan agar tampak sehat dan berkilau.

Tak heran kini telah banyak salon kecantikan yang menyediakan serangkaian perawatan kuku. Tak sedikit yang mematok harga yang relatif mahal untuk setiap perawatannya. Namun, kebanyakan orang bahkan melakukan perawatan di salon dan klinik kecantikan karena kukunya tampak kuning dan kusam.

Seperti yang diketahui bahwa kuku adalah jaringan keras dan padat yang terbuat dari protein keratin dan sel-sel epidermatis yang mati. Seperti yang dilansir dari Healthline, kuku terbuat dari lapisan protein yang disebut keratin. Bila kuku patah, retak, dan berubah warna, ternyata bisa menjadi tanda-tanda adanya masalah kesehatan.

Oleh karena itu, merawat kuku adalah hal yang penting untuk membuat kuku tampak lebih sehat dan berkilau. Kuku bersih dan sehat bisa menambah rasa percaya diri. Apalagi, bagi orang yang gemar memanjangkan kuku. Kuku bukan hanya sekadar penunjang penampilan semata. Bagian ini juga sebagai tanda apakah tubuhmu mengalami penyakit atau tidak.

Ciri-ciri kuku yang sehat adalah tampak mengilap, cantik, dan halus. Kuku yang sehat alami harus diperlakukan secara tepat. Kamu bisa mengikuti 10 cara merawat kuku tampak berkilau dan sehat berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/5).

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES