1. HOME
  2. »
  3. Beauty
10 Cara merawat kuku panjang, bersih, sehat, dan cantik

Kuku bersih dan sehat dapat mencegah kamu dari berbagai penyakit.

foto: pixabay.com  

Lola Lolita, 09 November 2019 09:05

Brilio.net - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering menjadi perhatian karena mencerminkan kepribadian seseorang. Oleh karenanya penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan kuku. Kuku bersih dan indah juga bisa menambah percaya diri seseorang. Hal ini biasanya kerap di lakukan oleh kaum wanita. Sebagian wanita beranggapan memanjangkan kuku adalah bagian dari tren kecantikan.

Pada dasarnya merawat kuku tidak hanya sekedar untuk memperindahnya saja, namun juga untuk kesehatan. Oleh karenanya kamu tak boleh menganggap sepele hal ini. Pasalnya kuku yang bersih dan sehat dapat mencegah kamu dari berbagai penyakit.

Ciri-ciri kuku yang sehat adalah tampak mengkilap, cantik, dan halus. Kuku yang sehat alami harus diperlakukan secara tepat. Tak sedikit orang mengeluarkan biaya beratus-ratus ribu bahkan ada hingga jutaan rupiah demi mendapatkan kuku yang indah dan bersih. Jika kuku tidak dirawat dengan baik, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan. Kondisi tersebut akan membuatnya terlihat tidak menarik dan terkesan jorok.

Nah buat kamu ingin mendapatkan kuku yang sehat dan cantik, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak itu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk memperindah kukumu bahkan tak kalah dengan mereka yang rajin manicure.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah untuk menjaga kesehatan kukumu, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (9/11).

 

1. Jaga kebersihan kuku secara teratur.

Cara merawat kuku panjang pixabay

foto: pixabay.com

 

Kamu yang memiliki kuku panjang, harus benar-benar dijaga dengan baik agar tidak mudah patah atau rusak. Bersihkan kuku secara teratur dan pastikan semua alat merawat kuku dicuci secara berkala hingga bersih. Hindari penumpukan kotoran di kuku. Cara merawat kuku panjang terbaik dengan menerapkan disinfektan alami berupa tea tree oil.

 

2. Hindari menggunakan cat kuku yang keras.

Cara merawat kuku panjang pixabay

foto: pixabay.com

 

Wanita sangat senang mewarnai kukunya. Jika kamu kerap melakukan itu, cobalah untuk selektif dalam memilih cat kuku agar kuku kamu tidak rusak karena terpapar bahan kimia yang keras. Ada baiknya untuk menggunakan pewarna kuku berbahan dasar air yang tidak tahan lama tetapi merupakan pilihan teraman.

 

3. Menggosok kuku dengan belimbing wuluh.

Cara merawat kuku panjang pixabay

foto: pixabay.com

 

Jika kamu melihat kuku mu hampir rusak dan kering, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya, sala satunya adalah belimbing wuluh. Cukup gosokkan potongan buah yang memiliki rasa asam ini pada kuku yang mau dibersihkan. Kemudian bilas dengan air bersih.

 

4. Merendam kuku dalam cuka apel.

Cara merawat kuku panjang pixabay

foto: pixabay.com

 

Sekali waktu cobalah dengan melakukan hal ini, kamu cukup masukkan jari-jarimu ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan. Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya agar kukumu menjadi cantik dan bening.

 

5. Hindari kontak langsung dengan sabun cuci.

Cara merawat kuku panjang pixabay

foto: lemonblossomcleaning.com

 

Mencuci mungkin pekerjaan yang harus kita lakukan. Kamu bisa melakukan dengan beberapa cara agar tidak bersentuhan langsung dengan sabun cuci. Sebelum mencuci piring atau yang lainnya, sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari air sabun.

 

6. Gunakan bawang putih.

Cara merawat kuku panjang pixabay

foto: pixabay.com

 

Banyak orang yang tidak suka membersihkan kuku dengan bawang putih karena lengket dan menimbulkan aroma yang tak sedap. Namun perawatan dengan cara ini memiliki banyak manfaat dan mencegah dari berbagai masalah kuku yang sering kita temui.

Merawat kuku dengan bawang putih dapat membuat kuku menjadi kuat dan tidak mudah patah. Bawang putih juga menjaga kukumu agar terhindar dari serangan jamur kuku yang akan merusak tampilan kukumu.

 

7. Bersihkan kuku dengan air jeruk.

Cara merawat kuku panjang pixabay

foto: pixabay.com

 

Merendam kuku dengan air jeruk akan memberikan efek yang cukup baik untuk kuku, dimana kuku akan terlihat bersih dan berkilau. Caranya, siapkan air hangat dalam sebuah wadah, lalu campurkan perasan air jeruk ke dalamnya. Rendamlah kukumu selama 15-20 menit, lalu bilas mengggunakan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket akibat air jeruk.

 

8. Hindari kebiasaan mengigit kuku.

Cara merawat kuku panjang pixabay

foto: davidwolfe.com

 

Mengigit kuku sering dilakukan kebanyakan orang. Kebiasaan ini dapat membuat kuku menjadi tidak sehat, bahkan luka kecil di samping kuku memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi. Tak hanya itu saja, area yang kotor dan air liur adalah enzim yang dapat memecah kulit. Jadi kamu bisa terkena infeksi jika menggigit kuku atau kutikula. Jadi cobalah untuk tidak menggigit kuku.

 

9. Gunakan pelembap kuku.

Cara merawat kuku panjang pixabay

foto: fashionlady.in

 

Pelembap yang dimaksud di sini bukanlah pelembap khusus kuku, melainkan pelembap untuk kulit di sekitar kuku dan kutikula. Merawat kulit di sekitar kuku sama pentingnya dengan merawat kuku itu sendiri. Apabila kulit di sekitarnya kering dan mengelupas, hal tersebut bisa memicu kerusakan pada kuku. Rutin menggunakan pelembap akan membuat kukumu menjadi lebih sehat.

 

10. Merawat kuku dari dalam.

Cara merawat kuku panjang pixabay

foto: pixabay.com

 

Setelah melakukan semua perawatan dari luar, langkah berikutnya adalah dengan merawat kuku dari dalam. Yaitu dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang baik bagi kuku. Kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang mengandung kalsium, seperti yogurt, susu, keju, dan yang lainnya. Mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat besi dan juga vitamin A serta buah-buahan agar kukumu ternutrisi.

 

 

Related News

(brl/lin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Cara merawat kuku panjang, bersih, sehat, dan cantik.
Kuku bersih dan sehat dapat mencegah kamu dari berbagai penyakit.
https://brilistyle.brilio.net/beauty/10-cara-merawat-kuku-panjang-bersih-sehat-dan-cantik-191108b.html
SEND


Loading...

What Do You Think

Up Next: 10 Cara makeup natural untuk remaja, ringan dan simpel

Next
TOP