Brilio.net - Sering kali kita mandapati warna kulit tidak merata karena terlalu lama beraktivitas di luar ruangan. Warna kulit yang tidak merata ini biasanya di sebut dengan kulit belang.

Bagian tubuh yang biasanya mengalami warna kulit belang ini adalah kaki dan tangan, atau area tubuh yang tidak tertutupi oleh pakaian selama beraktivitas di luar ruangan.

Warna kulit yang tidak merata ini menjadikan seseorang tidak percaya diri karena sangat mengganggu penampilan.

Kulit belang ini disebabkan sinar ultraviolet A dan B atau biasa disebut dengan UVA dan UVB yang dapat meningkatkan produksi pigmen melanin yang membuat warna kulit menjadi gelap. Kulit gelap pada tangan dan kaki bisa disebabkan oleh beberapa faktor termasuk kotoran, obat, faktor lingkungan dan zat kimia, infeksi, inflamasi, dan sinar matahari.

Loading...

Untuk melindungi kulit supaya tidak belang, biasanya seseorang akan memakai krim tabir surya untuk mengurangi efek paparan UVA dan UVB. Namun jika kulit sudah terlanjur belang, tak usah bingung. Kamu dapat mengatasi kulit belang dengan ramuan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitarmu.

Berikut ini 10 cara mengatasi kulit belang secara alami, ampuh, tanpa efek samping, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (14/8).

1. Kunyit dan lemon.

Cara atasi belang © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kunyit adalah salah satu bahan kecantikan alami paling populer yang digunakan di India. Ia memiliki sifat antiseptik dan antibakteri untuk membantu menjaga kulit tetap pada kondisi terbaiknya.

Kandungan vitamin C dalam kunyit dan lemon juga tergolong cukup tinggi. Selain itu, kunyit juga mengandung bahan aktif yang bersifat antiinflamasi.

Cara menggunakannya, campurkan bubuk kunyit dengan air perasan lemon. Aduk hingga membentuk pasta, kemudian oleskan pasta tersebut pada bagian kulit yang belang.

Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Air beras.

Cara atasi belang © 2020 brilio.net

foto: freepik

Seringkali beras digunakan sebagai salah satu bahan campuran produk-produk kecantikan, seperti lulur maupun masker.

Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang berfungsi untuk melindungi dan memutihkan kulit. Karenanya, kamu dapat menggunakan beras untuk mengatasi kulit belang, sekaligus mencerahkan warna kulit.

Caranya cukup mudah, cuci beras dengan air sampai air berwarna putih seperti air susu. Kemudian pisahkan beras dengan air cuciannya.

Ambil air cucian beras lalu endapkan. Gunakan endapan air beras sebagai lulur alami pada bagian kulit yang belang.

3. Minyak zaitun dan madu.

Cara atasi belang © 2020 brilio.net

foto: freepik

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang berguna untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Minyak zaitun juga mengandung banyak antioksidan, yaitu polifenol yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan.

Cara pemakaiannya, campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu, aduk hingga tercampur rata. Gunakan campuran itu sebagai lulur setiap setelah mandi.

4. Lidah buaya.

Cara atasi belang © 2020 brilio.net

foto: freepik

Lidah buaya mengandung aloesin, yaitu zat yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit, sehingga mencegah kulit menjadi gelap. UVA dan UVB yang dapat meningkatkan produksi pigmen melanin pada kulit dapat dihambat dengan pemakaian gel lidah buaya. Atau kamu dapat membuat ramuang lidah buaya sendiri untuk mengatasi kulit belang.

Pada lidah buaya, ambil gelnya yang berwarna putih bening dan berlendir, kemudian oleskan secara merata pada bagian kulit yang belang. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Bengkoang.

Cara atasi belang © 2020 brilio.net

foto: freepik

Bengkoang dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit sekaligus mencerahkan warna kulit karena mengandung banyak vitamin C dan B. Vitamin C pada bengkoang merangsang sel kulit untuk beregenerasi. Selain dikonsumsi, bengkoang dapat dijadikan lulur alami yang dapat mencerahkan warna kulit kusam ataupun gelap karena paparan sinar matahari.

Caranya sangat mudah, cukup dengan memarut bengkoang kemudian peras sarinya, lalu gunakan sebagai masker dan lulur alami sebelum dan saat mandi.

6. Putih telur, madu dan jeruk nipis.

Cara atasi belang © 2020 brilio.net

foto: freepik

Biasanya putih telur digunakan sebagai masker yang berguna untuk mengangkat komedo. Putih telur mengandung protein yang tinggi, sehingga dapat berfungsinya untuk meregenerasi kulit agar sel kulit mati terkelupas dan diganti sel kulit baru lebih sehat.

Pisahkan putih telur dari bagian kuningnya, kemudian kocok putih telur hingga berbusa dan tambahkan madu serta jeruk nipis agar tidak berbau amis.

Kemudian oleskan pada bagian kulit yang belang, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan rutin setelah mandi agar mendapatkan hasil yang terbaik.

7. Timun.

Cara atasi belang © 2020 brilio.net

foto: freepik

Selain dapat digunakan untuk masker mata agar mata tampak segar, mentimun juga dapat menjadikan kulit menjadi cerah dan bersih. Mentimun mengandung banyak mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran kulit, menghambat pigmentasi, dan menghilangkan lingkar mata hitam.

Untuk menggunakannya, blender timun tanpa menambahkan air sampai berbentuk seperti pasta. Kemudian aplikasikan pada bagian tubuh yang tampak gelap, lalu diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan air bersih.

8. Kentang dan susu.

Cara atasi belang © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kentang mengandung mineral yang dapat digunakan menjadi antibiotik alami untuk memperlambat penuaan kulit dan mempercepat regenerasi kulit. Kandungan antioksidan pada kentang juga berfungsi untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas luka.

Caranya, rebus kentang kamudian haluskan dan campur dengan 2 sdm susu. Aduk hingga rata dan membentuk pasta.

Kemudian oles dan pijatkan pada kulit yang berwarna gelap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

9. Lemon.

Cara atasi belang © 2020 brilio.net

foto: freepik

Lemon merupakan buah yang kaya antioksidan dan vitamin C. Selain itu, mengandung asam alpha hidroksi yang berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam kulit, sehingga dapat mencerahkan dan mengembalikan warna kulit yang belang.

Siapkan sebuah lemon, kemudian peras dan ambil airnya. Oleskan air perasan lemon pada kulit yang belang. Diamkan sampai meresap dan bilas dengan air saat mandi.

10. Tomat.

Cara atasi belang © 2020 brilio.net

foto: freepik

Selain lemon, tomat juga menjadi salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C sangat efektif untuk mengatasi permasalahan kulit gelap dan belang.

Caranya, haluskan tomat sampai berbentuk jus, kemudian oleskan pada bagian kulit yang belang. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Related News