1. HOME
  2. »
  3. Beauty
foto: shutterstock.com  

, 04 Oktober 2019 23:01

Brilio.net - Biasanya orang akan melihat penampilan kita saat pertemuan pertama. Maka dari itu, baik perempuan maupun laki-laki, ingin tampil baik ketika bertemu dengan orang sekitarnya. Bisa disimpulkan, wajah yang mulus adalah impian semua orang.

Sayangnya, terkadang jerawat muncul secara tiba-tiba. Jerawat yang membandel, selain memberi rasa sakit, juga membuat kepercayaan diri berkurang. Tak mengherankan bila banyak orang melakukan perawatan dan pengobatan kulit agar jerawat lenyap dari wajah.

Penyebab munculnya jerawat sendiri memiliki beberapa faktor. Adanya perubahan hormon, stres, masa pubertas, faktor keturunan, bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Di samping itu, gaya hidup tidak sehat, efek penggunaan obat-obatan tertentu, malas atau justru terlalu sering mencuci muka, serta penggunaan kosmetik yang salah juga bisa menyebabkan jerawat muncul.

Tetapi tidak usah risau karena banyak sekali cara menuntaskan masalah jerawat secara alami yang bisa kita lakukan di rumah. Sebut saja seperti menggunakan minyak, gel, krim herbal, meminum suplemen alami dan mengubah gaya hidup.

Berikut brilio.net rangkum dari beberapa sumber, Jumat (4/10), cara menghilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah, dan murah yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Mentimun.

10 Cara hilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah & murah berbagai sumber

foto: pixabay

Tidak hanya enak sebagai lalapan, ternyata mentimun juga dapat menjadi obat jerawat yang ampuh. Mentimun mengandung antioksidan cukup tinggi, asam amino, dan vitamin. Kandungan-kandungan ini dapat digunakan menghilangkan jerawat secara alami. Kamu cukup menggunakan mentimun sebagai masker pada kulit berjerawat secara rutin.

2. Pepaya.

10 Cara hilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah & murah berbagai sumber

foto: pixabay

Buah pepaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dapat melancarkan pencernaan, pepaya juga dapat menghilangkan jerawat. Kandungan enzim papain yang ada dalam pepaya ternyata mampu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah berjerawat. Seperti halnya mentimun, kamu cukup menggunakan pepaya sebagai masker pada daerah yang berjerawat.

3. Lemon.

10 Cara hilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah & murah berbagai sumber

foto: pixabay

Buah lemon selain dapat dijadikan minuman segar juga dapat menjadi obat bagi jerawat. Kandungan asam askorbat di dalamnya sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel.

Tidak hanya menghilangkan jerawat saat muncul, tetapi juga bisa menyamarkan bekas jerawat pada kulit. Cukup peras 1 (satu) buah lemon, ambil airnya kemudian oleskan pada daerah wajah yang berjerawat. Tunggu 10-15 menit sampai wajah terasa lebih kering lalu bilas dengan air bersih.

4. Jeruk.

10 Cara hilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah & murah berbagai sumber

foto: pixabay

Jeruk yang biasanya hanya dimakan buahnya atau diminum airnya, ternyata bisa menghilangkan jerawat membandel. Kandungan flavonoid serta vitamin A dan C yang terdapat pada kulit jeruk dipercaya mampu membasmi jerawat batu pada kulit.

Caranya, jemur kulit jeruk hingga kering kemudian tumbuk hingga halus, bisa juga dicampur dengan sedikit air. Lalu oleskan pada wajah yang berjerawat layaknya masker. Keringkan selama 15-20 kemudian bersihkan wajah dengan air bersih.

5. Tomat.

10 Cara hilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah & murah berbagai sumber

foto: pixabay

Selain enak dimakan, tomat juga bisa digunakan sebagai obat penghilang jerawat. Seperti halnya jeruk, tomat juga kaya akan kandungan vitamin A dan C. Cukup ambil 1 (satu) buah tomat lalu potong menjadi dua bagian. Oleskan potongan tomat pada wajah hingga merata. Tunggu sekitar 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Alpukat.

10 Cara hilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah & murah berbagai sumber

foto: pixabay

Buah alpukat cukup sering kita dengar sebagai masker kulit. Dalam dunia kecantikan, alpukat dikenal ampuh untuk membuat wajah menjadi lebih halus. Kandungan vitamin E yang ada pada alpukat dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat.

Caranya, ambil daging alpukat lalu haluskan hingga membentuk krim masker. Setelah itu, bisa kamu tambahkan 1 (satu) sendok madu. Oleskan masker alpukat secara merata pada wajah, diamkan selama 20-30 menit. Kemudian bilas wajah dengan air bersih.

7. Jeruk nipis.

10 Cara hilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah & murah berbagai sumber

foto: shutterstock

Kandungan vitamin C, anti bakteri, antioksidan, asam sitrat, zat astrigan, anti aging dan flavonoid yang ada pada jeruk nipis dipercaya mampu mengurangi serta menghilangkan jerawat. Bahkan dikatakan dalam dunia kesehatan kandungan tersebut bagus untuk kecantikan kulit wajah. Karena itulah, banyak orang menggunakan jeruk nipis sebagai alternatif mengobati berbagai masalah wajah termasuk jerawat.

Caranya, cukup siapkan setengah belahan jeruk nipis. Peras belahan jeruk nipis, ambil airnya. Sebelum mengoleskannya pada wajah, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Baru oleskan perasan air jeruk nipis pada wajah secara merata seperti masker. Diamkan selama 15- 20 menit lalu bilas wajah dengan air bersih akan lebih baik tutup bilasan menggunakan air dingin.

Lakukan secara rutin maka jerawat akan menghilang dan bahkan dapat mencerahkan wajah. Tetapi hal ini tidak disarankan untuk kulit wajah yang sensitif.

8. Mengkudu.

10 Cara hilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah & murah berbagai sumber

foto: pixabay

Buah mengkudu yang terasa kesat dan pahit saat dimakan, dan memiliki aroma menyengat serta unik ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dikenal dengan khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit, ternyata mengkudu juga memiliki banyak kandungan yang bagus untuk kecantikan.

Kandungan vitamin C dalam buah mengkudu sangat baik menutrisi sel dan menangkal radikal bebas. Selain itu terdapat selenium yang sangat efektif untuk meningkatkan kelenturan kulit sehingga mampu menghambat proses berbagai tanda penuaan dini. Bahkan, buah ini disebut model cantik Miranda Kerr sebagai rahasia kecantikannya.

Caranya, cukup jadikan cairan buah mengkudu sebagai campuran bedak dingin. Jika selama ini kita memakai bedak dingin dengan campuran air mawar maka ganti dengan cairan mengkudu.

Gunakan bedak dingin dengan campuran air mengkudu ini sebagai masker wajah dan perawatan rutin. Dianjurkan untuk menggunakannya sebelum tidur, karena akan memberi hasil yang lebih maksimal.

9. Pisang.

10 Cara hilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah & murah berbagai sumber

foto: pixabay

Buah pisang yang selama ini kita makan dengan berbagai olahan ternyata juga bisa menghilangkan jerawat. Bahkan dapat mengempeskan jerawat yang sedang matang-matangnya dan perih secara cepat.

Pisang kaya vitamin seperti vitamin A, B, C, E. Pisang juga mengandung lectin, asam amino, dan seng. Kandungan-kandungan ini sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat.

Caranya, bersihkan wajah lalu keringkan dengan handuk yang ditepuk-tepuk bukan digosok. Ambil 1 (satu) buah pisang yang telah matang, harus berwarna kuning dengan bintik-bintik hitam. Hindari yang belum matang atau terlalu matang. Kemudian kupas kulit pisang dan masukkan pisang dalam wadah. Hancurkan pisang dengan garpu atau sendok sampai berbentuk masker. Oleskan masker pisang ke wajah yang berjerawat secara merata. Biarkan selama 10-20 menit hingga masker terasa menyerap dan agak kering. Terakhir, bilas wajah dengan air dingin.

10. Buah Naga.

10 Cara hilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah & murah berbagai sumber

foto: shutterstock

Buah naga tinggi vitamin C yang sangat berguna untuk meredakan jerawat meradang. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah naga juga dapat memudarkan bekas jerawat secara cepat jika digunakan secara rutin.

Caranya, gunakan masker buah naga dengan campuran air lemon. Pertama, haluskan daging buah naga hingga membentuk pasta. Lalu campurkan air perasan lemon. Setelah itu oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Inilah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan buah-buahan. Semua akan memberikan hasil yang maksimal seperti yang kamu inginkan bila melakukannya secara rutin. Namun, jika jerawat semakin parah atau terjadi breakout, maka segera hentikan pemakaian. Selamat mencoba!

reporter: mgg/HamedaRachma

 

Related News

(brl/tin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Cara hilangkan jerawat dengan buah-buahan, cepat, mudah & murah.
Bisa langsung praktik di rumah, nih.
https://brilistyle.brilio.net/beauty/10-cara-hilangkan-jerawat-dengan-buah-buahan-cepat-mudah-murah-191004x.html
SEND
Loading...


What Do You Think

Up Next: Batik, karya adiluhung Indonesia yang makin digemari milenial

Next
TOP