Brilio.net - Ada banyak pelembap wajah alami yang bisa kamu dapatkan khasiatnya. Memiliki kulit yang lembap merupakan impian setiap orang. Namun ada saja masalah kulit yang dialami, seperti kulit kusam dan kering. Masalah tersebut biasanya terjadi karena salah kulit kekurangan kadar air. Bila dibiarkan akan menyebabkan kulit menjadi kendur dan keriput lebih cepat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami yang digunakan biasanya lebih aman digunakan dan minim efek samping.

Lantas apa saja yah bahan pelembap wajah alami tersebut? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/3).

1. Air mawar

Bahan pelembap wajah alami ©

foto: Freepik/jcomp

Bahan pelembap wajah alami yang pertama adalah air mawar. Air mawar memiliki kandungan bahan aktif yang bagus untuk kulit. Air mawar juga dapat membuat kulit lembap dan juga segar. Kamu bisa mendapatkan manfaat air mawar dengan membuat sendiri di rumah atau membeli air mawar yang sudah dalam kemasan.

Caranya kamu bisa celupkan kapas ke air mawar lalu oleskan ke wajah secara merata dan diamkan seperti masker. Lakukan perawatan ini sebagai toner dan masker, kamu akan mendapatkan hasilnya.

2. Almond

Bahan pelembap wajah alami ©

foto: Freepik/topntp26

Bahan pelembap yang kedua adalah kacang almond. Seperti yang kamu tahu, kacang almond salah satu makanan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk kesehatan. Namun tak hanya itu, kacang almond juga memiliki manfaat untuk kecantikan lho. Salah satunya adalah untuk melembapkan.

Kamu bisa mencampurkan bubuk almond, minyak argan, dan madu. Setelah menjadi pasta oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

3. Lidah buaya

Bahan pelembap wajah alami ©

foto: Freepik/racool_studio

Selanjutnya kamu juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk membuat wajah kamu kembali lembap. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh wajah. Lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa. Kandungan nutrisi dalam lidah buaya dapat mengembalikan kelembapan kulit secara maksimal.

4. Minyak kelapa

Bahan pelembap wajah alami ©

foto: Freepik/jcomp

Bagi kamu yang memiliki tipe kulit kering, kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk membantu melembapkan kulit. Kandungan vitamin dan nutrisi pada minyak kelapa dapat menghidrasi kulit, mencerahkan, dan mengenyalkan kulit.

Caranya oleskan minyak kelapa ke wajah dan jadikan sebagai masker wajah. Diamkan hingga keesokan harinya lalu bilas dengan air biasa. Perawatan yang dilakukan secara rutin akan mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Yogurt

Bahan pelembap wajah alami ©

foto: Freepik/jcomp

Yogurt salah satu bahan makanan yang lezat dikonsumsi dengan berbagai macam olahan. Mulai dari makanan berat hingga dessert. Terbuat dari susu fermentasi, yogurt memiliki cita rasa yang unik.

Selain dijadikan sebagai makanan, yogurt juga memiliki manfaat untuk kecantikan lho. Kandungan protein dan lemak di dalamnya mampu menjaga kelembapan kulit, menangkal radikal bebas, dan mencerahkan kulit.

Caranya campurkan yogurt dan putih telur, aduk seluruh bahan. Setelah menjadi pasta, oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

6. Alpukat

Bahan pelembap wajah alami ©

foto: Freepik/dashu83

Alpukat salah satu buah yang jadi favorit banyak orang. Kamu bisa mengonsumsi alpukat dengan berbagai macam cara, mulai dari dikonsumsi langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad.

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, alpukat juga mengandung banyak bahan aktif dan bahan alami seperti asam lemak dan sifat antibakteri. Selain bagus untuk kesehatan, alpukat juga bagus untuk kecantikan, salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, alpukat juga dapat mengatasi masalah jerawat dan menyamarkan flek hitam serta kerutan di wajah.

Caranya haluskan setengah buah alpukat, lalu campurkan dengan madu, setelah itu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

7. Teh hijau

Bahan pelembap wajah alami ©

foto: Freepik/zirconicusso

Bahan pelembap wajah alami selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau kaya akan antikoksidan, vitamin dan mineral yang bagus untuk kulit. Kamu bisa memanfaatkan teh hijau untuk membantu melembapkan wajah kamu.

Kamu bisa mencampurkan teh hijau dengan minyak almond dan vitamin E. Minyak essensial ini dapat membantu menenangkan kulit dan membantu menghidrasi kulit. Setelah itu oleskan ke wajah secara merata dan dan diamkan hingga 15 menit, bilas dengan air biasa.

8. Susu

Bahan pelembap wajah alami ©

foto: Freepik/pikisuperstar

Susu salah satu minuman yang kaya akan enzim dan zat besi yang bagus untuk tubuh. Namun susu tak hanya bagus untuk kesehatan tapi juga kecantikan. Susu sering dijadikan sebagai bahan alami untuk pembuatan skincare. Manfaat susu sendiri ada banyak, mulai dari mencerahkan, melembapkan, dan mengatasi berbagai masalah kulit di wajah.

Kamu bisa memanfaatkan susu sebagai bahan pelembap wajah alami, caranya dengan gunakan krim susu lalu tambahkan dengan air biasa. Setelah menjadi pasta, oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan akt biasa.

9. Mentimun

Bahan pelembap wajah alami ©

foto: Freepik/racool_studio

Mentimun yang masuk dalam kategori buah dan sayur. Mentium memiliki kadar air yang tinggi sehingga mampu menghidrasi kulit. Di dalam mentimun juga mengandung vitamin C, kalimum, dan asam folat yang mampu melembapkan kulit.

Kamu bisa memanfaatkan mentimun dengan cara, parut satu buah mentimun, lalu oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

10. Kentang

Bahan pelembap wajah alami ©

foto: Freepik

Kentang salah satu sayuran yang bisa diolah dengan berbagai macam cara, mulai digoreng langsung, dijadikan mashed potato, atau dibuat perkedel. Kentang biasa dijadikan sebagai sayuran pengganti nasi bagi para pelaku diet karena kandungan karbohidrat yang tinggi.

Selain bagus untuk kesehatan, kentang juga memiliki manfaat untuk kecantikan, salah satunya sebagai bahan pelembap wajah alami. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara, haluskan satu buah kentang kemudian campurkan dengan satu sendok madu. Oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.


(brl/guf)

Related News

(brl/guf)