Brilio.net - Untuk kamu yang sering beraktivitas di luar pasti nggak asing lagi dengan paparan sinar matahari. Nggak ketinggalan juga polusi dari berbagai sumber, kerap menyerang tubuhmu.

Hal ini pun mau nggak mau akan memberikan banyak dampak untuk tubuh. Salah satu yang mudah terlihat adalah permukaan tangan yang berkurang kecerahannya. Hal ini kerap menjadi perhatian beberapa orang untuk mencari solusinya.

Untuk kamu yang pernah mengalami hal ini, jangan khawatir. Karena, kamu bisa coba untuk mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu.

Nggak perlu banyak mengeluarkan biaya dan waktu, kamu bisa melakukannya dengan mudah di dalam rumah. Selain itu, dengan bahan alami ini juga menghindarimu dari paparan kandungan kimia yang terlalu banyak.

Nah, mau tahu apa saja bahan alami yang bisa mencerahkan kulit tanganmu? Dilansir brilio.net dari stylecraze.com pada Selasa (12/1), berikut 10 bahan alami untuk mencerahkan kulit tangan.

1. Yoghurt.

Bahan alami untuk mencerahkan kulit tangan   © freepik.com

foto: freepik.com



Nggak heran kalau banyak yang menyebut bahwa yoghurt bisa menyelesaikan berbagai permasalahan tubuh. Mulai dari pencernaan sampai dengan kulit bisa diatasi dengan menggunakan yoghurt.

Terutama untuk kamu yang ingin mencerahkan tangan, kandungan yang ada di dalamnya bisa jadi solusi yang tepat. Pasalnya, yoghurt mengandung L-cysteine peptide, senyawa yang diketahui dapat menekan aktivitas tirosinase.

Hal ini membantu mengembalikan efek pigmentasi yang berlebihan dan memudarkan warna cokelat dari tanganmu. Caranya, campurkan 2 sdm yoghurt dengan 1 sdm air lemon. Kemudian aplikasikan ramuan ini pada tangan, dan tunggu 15 menit.

Terakhir, bilas tangan dengan air biasa. Kamu bisa menggunakan ramuan ini 1-2 kali dalam seminggu. Namun jangan lupa ya untuk melakukan uji pengolesan pada tangan karena lemon berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit.

Loading...

2. Tomat.

Bahan alami untuk mencerahkan kulit tangan   © freepik.com

foto: freepik.com



Tomat menjadi sayuran yang kaya akan senyawa bioaktif yang disebut karotenoid. Kandungan ini dapat mencerahkan warna kulit setelah terpapar sinar UV matahari. Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa menyiapkan dua buah tomat berukuran sedang. Lalu haluskan tomat dan aplikasikan pada tangan.

Tunggu selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan cara ini selama 2 kali dalam seminggu.

3. Air lemon.

Bahan alami untuk mencerahkan kulit tangan   © freepik.com

foto: freepik.com



Kesegaran air lemon juga bisa mencerahkan kulitmu. Hal ini didapatkan dari kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Karena di dalam jus lemon, terkandung vitamin C atau asam askorbat.

Komponen ini menjadi memiliki sifat anti-pigmen yang dapat membantu mengurangi efek gelap pada kulit. Untuk menggunakannya, kamu memerlukan buah lemon, air, dan kapas.

Caranya ambil ekstrak jus lemon dan cairkan dengan air. Rendam kapas pada cairan tersebut, lalu aplikasikan pada permukaan tangan.

Setelah 15-20 menit, bilas dengan air bersih. Kamu bisa mengulangi cara ini dua kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk melakukan uji tempel ramuan ini pada kulit karena jus lemon dapat menyebabkan sensasi perih pada kulit. Pastikan juga kamu menambahkan air pada sari lemon dan membilasnya dengan bersih.

4. Lidah buaya.

Bahan alami untuk mencerahkan kulit tangan   © freepik.com

foto: freepik.com



Bukan rahasia lagi lidah buaya sebagai solusi untuk kebutuhan kulit. Apalagi, tanaman ini mengandung senyawa bioaktif yang menekan aktivitas tirosinase yang dapat mengatasi permasalahan pigmentasi kulit.

Nah, kalau kamu ingin menggunakannya, mengaplikasikan gel lidah buaya yang dicampur madu pada tangan. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang baik, kamu bisa menggunakan ramuan ini dua sampai tiga kali setiap minggunya.

5. Mentimun.

Bahan alami untuk mencerahkan kulit tangan   © freepik.com

foto: freepik.com



Mentimun juga nggak kalah praktis untuk digunakan lho. Ditambah lagi, mentimun tidak hanya memiliki sifat melembapkan tetapi juga mengandung senyawa bioaktif yang menghambat aktivitas tirosinase.

Cobalah untuk mengiris setengah bagian dari mentimun, lalu haluskan dengan blender. Tambahkan satu sendok makan gel lidah buaya ke dalamnya dan aduk rata.

Oleskan campuran ini ke tangan dan bilas hingga bersih. Kamu bisa menggunakan cara ini satu kali dalam seminggu.

6. Pepaya.

Bahan alami untuk mencerahkan kulit tangan   © freepik.com

foto: freepik.com



Bahan selanjutnya ada pepaya. Buah ini bertindak sebagai exfoliant dan dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit.

Kandungan ini memberikan manfaat untuk mencerahkan kembali warna kulitmu. Haluskan pepaya menjadi bubur dan tambahkan satu sendok teh jus lemon ke dalamnya.

Aduk rata dan oleskan ke tangan. Setelah 15-20 menit, bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua kali dalam satu minggu. Disarankan, untuk melakukan uji tempel dengan ramuan ini karena terdapat kandungan lemon di dalamnya.

7. Saffron.

Bahan alami untuk mencerahkan kulit tangan   © freepik.com

foto: freepik.com



Saffron banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk mengembalikan warna kulit secara alami. Penelitian juga menunjukkan bahwa ia memiliki efek melembapkan pada kulit dan menghilangkan kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV matahari.

Cara menggunakannya, rendam beberapa helai saffron bersama 1/4 cup susu segar, selama 2 jam. Saring susu dan oleskan ke area yang membutuhkan. Terakhir, cuci bersih dengan air biasa setelah 10-15 menit. Lakukan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.

8. Madu.

Bahan alami untuk mencerahkan kulit tangan   © freepik.com

foto: freepik.com



Madu memiliki sifat pelembab yang sangat baik dan mampu meningkatkan perbaikan jaringan. Nggak hanya melembutkan kulit dan membuatnya halus, tetapi juga mengandung antioksidan yang mengembalikan kerusakan kulit akibat sinar UV.

Caranya, buatlah jus dari campuran 1 sdm madu yang ditambahkan 1 buah lemon. Oleskan campuran ini ke tangan. Kemudian, cuci bersih dengan air setelah 10-15 menit. Jangan lupa ya, lakukan uji tempel terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan perawatan dengan madu ini 2 kali dalam seminggu.

9. Kulit jeruk.

Bahan alami untuk mencerahkan kulit tangan   © freepik.com

foto: freepik.com



Manfaat lainnya bisa kamu dapatkan juga dari kulit jeruk lho. Studi menunjukkan bahwa kulit jeruk mengandung senyawa yang dapat menekan melanogenesis dan mengembalikan dari efek paparan sinar matahari pada kulit.

Caranya, campur 1 sdt bubuk kulit jeruk, 1 sdt madu serta 1 jumput bubuk kunyit. Aplikasikan pada kulit dan biarkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Gunakan ramuan ini 2 kali dalam seminggu.

10. Kunyit.

Bahan alami untuk mencerahkan kulit tangan   © freepik.com

foto: freepik.com



Kunyit mengandung kurkumin yang menghambat melanogenesis. Hal ini menyebabkan produksi melanin berkurang, sehingga memudarkan warna gelap di tangan.

Cobalah untuk mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit dengan 1 sdt susu. Oleskan ke tangan dan biarkan sampai mengering. Terakhir, bilas dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan perawatan ini satu kali dalam seminggu.




Related News